Dewi Pertahankan Usaha Wedangan Demi Terus Peroleh Penghasilan

Lewat usaha wedangan atau angkringan, Dewi bisa menambah penghasilan keluarga serta membiayai pengobatan seorang anaknya. Tetapi pandemi yang belakangan meledak, membuat usahanya turut tersendat.

Usaha wedangan ini telah dimulai Dewi sejak sekitar tiga tahun yang lalu. (ACTNews)

ACTNews, SURAKARTA – Jika di daerah Yogyakarta orang mengenal istilah angkringan, maka di Kota Bengawan orang lebih akrab dengan istilah wedangan untuk jenis usaha yang sama. Usaha inilah yang telah dijalani Dewi selama sekitar tiga tahun belakangan.

Ibu rumah tangga asal wilayah Kecamatan Jebres, Kota Solo ini, giat menjalankan usaha wedangan demi membantu menambah penghasilan keluarga. Suaminya sebenarnya masih bekerja sebagai karyawan di salah satu perusahaan air mineral, namun gaji sang suami per bulan pun tidak sampai angka Upah Minimum Kota (UMK) setempat.

“Saya memulai usaha ini dari modal pinjaman beberapa tahun lalu. Alhamdulillah, usaha kemudian berjalan lancar dan suami juga mendukung,” kata Dewi ditemui Tim Global Wakaf-ACT pada Senin (14/7/2021) lalu.


Tetapi situasi pandemi membawa ganjalan untuk usaha Dewi. Modal yang biasanya dapat berputar dengan baik kini tersendat dan mempengaruhi modal harian untuk memproduksi barang dagangan di wedangannya.

Sementara mereka masih memiliki tanggungan empat orang anak. “Salah satu anak saya berkebutuhan khusus dan punya penyakit bawaan juga, bronkhitis. Jadi sampai sekarang masih membutuhkan pengobatan dan pendampingan,” ujar Dewi.

Karenanya Dewi terus berjualan walau harus berusaha lebih keras dari hari-hari normal. Ia berharap nanti dapat kembali memenuhi isi gerobak wedangannya, sehingga lebih banyak lagi dagangan yang bisa ia tawarkan kepada pelanggan.

Karena itu, Global Wakaf-ACT berencana memberikan bantuan kepada Dewi melalui program Wakaf UMKM. Dengan adanya bantuan ini, diharapkan usaha Dewi dapat berjalan lancar kembali, sehingga bisa memenuhi kebutuhan harian keluarga serta membiayai pengobatan anaknya. []