Di Tengah Kepungan Salju, Bantuan Musim Dingin dari Dermawan Hadir untuk Uighur

Salju turun lebat ketika bantuan pangan didistribusikan untuk ribuan muslim Uighur di Turki.

musim dingin uighur
Warga Uighur menerima bantuan pangan dari tim ACT. (ACTNews)

ACTNews, KAYSERI – Salju turun lebat ketika tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Turki mengunjungi kediaman warga muslim Uighur di Kayseri, Turki, pada awal Maret lalu. Tim bermaksud mengantarkan bantuan pangan untuk ribuan warga Uighur yang tengah menghadapi krisis musim dingin.

Firdaus Guritno dari tim Global Humanity Network ACT menjelaskan, distribusi bantuan sempat terkendala karena lebatnya salju yang turun. “Namun, alhamdulillah seluruh bantuan bisa tersampaikan. Kurang lebih, 2.500 jiwa Uighur di Kayseri menjadi penerima manfaat aksi ini," ujar  Selasa (8/3/2022).

Firdaus menjelaskan, saat ini wilayah Kayseri tengah menghadapi musim dingin dengan suhu minus 3 derajat Celcius. "Turki saat ini adalah rumah bagi banyak pengungsi. Lebih dari 4 juta pengungsi mencari perlindungan di Turki, termasuk Muslim Uighur. Di tengah musim dingin yang sedang melanda Turki, banyak warga Uighur yang kesulitan untuk mendapatkan bahan pangan. Hal ini membuat mereka harus bertahan hidup dengan segala kekurangan dan keterbatasan," jelas Firdaus.

"Sementara itu, Rafli dari tim ACT Turki menjelaskan, bantuan ini juga didistribusikan untuk anak-anak yatim piatu. Rafli menjelaskan, warga Uighur sangat menyambut baik kedatangan tim ACT. Mereka bersyukur dan berterima kasih atas bantuan dari dermawan yang telah mereka terima. "Mereka mengaku sangat jarang mendapat bantuan internasional. Lewat bantuan ini, insyaallah dapat mengurangi beban mereka," kata Rafli.[]