Diaspora Indonesia di Turki Berpartisipasi dalam Gerakan Nasional Indonesia Dermawan

Mereka yang berpartisipasi dalam Gerakan Nasional Indonesia Dermawan di antaranya Masyarakat Indonesia di Istanbul (MII), Perhimpunan Pelajar Indonesia di Turki (PPI Turki), PPI Wilayah se-Turki, Ikatan Mahasiswa Aceh di Turki (IKAMAT), Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Gontor Turki, dan Madrasah Al-Fatih Quraniyyah.

Diaspora Indonesia di Turki Berpartisipasi dalam Gerakan Nasional Indonesia Dermawan' photo
Diaspora Indonesia di Turki berfoto bersama Senior Vice President ACT Syuhelmaidi Syukur. Mereka bergabung dalam Gerakan Nasional Indonesia Dermawan. (ACTNews/Fatchul Wachid)

ACTNews, ISTANBUL – Aksi Cepat Tanggap (ACT) terus meningkatkan kolaborasi kemanusiaan bersama perwakilan pemerintah Indonesia di Turki dan sejumlah komunitas masyarakat dan pelajar Indonesia di Turki. Mereka di antaranya Masyarakat Indonesia di Istanbul (MII), Perhimpunan Pelajar Indonesia di Turki (PPI Turki), PPI Wilayah se-Turki, Ikatan Mahasiswa Aceh di Turki (IKAMAT), Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Gontor Turki, dan Madrasah Al-Fatih Quraniyyah. Seluruh elemen masyarakat tersebut bergabung dalam Gerakan Nasional Indonesia Dermawan.

Diluncurkan pada Rabu (25/9) di Istanbul, Gerakan Nasional Indonesia Dermawan berupaya meluaskan kegiatan-kegiatan kedermawanan. Harapannya, kedermawanan budaya dan karakter bangsa Indonesia yang tidak dapat ditinggalkan. Indonesia sendiri dinilai sebagai negara yang paling dermawan menurut World Giving Index 2018.

Dalam rangkaian acara ini, ACT mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia di Turki mulai dari donatur, komunitas, pemerintah dan lainnya untuk menjadi bagian dari gerakan Indonesia Dermawan, sebuah gerakan yang mengajak semua elemen untuk mengaktifkan kembali nilai-nilai kedermawanan.

“Indonesia adalah bangsa yang dermawan. Nilai-nilai kedermawanan seperti gotong royong adalah karakter terbaik bangsa. Selamat kepada ACT sebagai inisiator gerakan global Indonesia Dermawan sebagai salah satu jawaban dalam menangani permasalahan di tanah air. Kami selaku perwakilan pemerintah Indonesia di Turki mendukung gerakan baik ini,” ungkap Jepri Edi selaku Koordinator Fungsi Pensosbud KJRI Istanbul, yang hadir dalam acara peluncuran Gerakan Nasional Indonesia Dermawan di Istanbul.

Senior Vice President ACT Syuhelmaidi Syukur menjelaskan Indonesia Dermawan sebagai sebuah gerakan inklusif untuk menginspirasi publik dalam berkontribusi dan menjadi solusi permasalahan kemanusiaan, baik nasional maupun global. “Kedermawanan menemukan momentumnya ketika terjadi bencana atau ketika hati tergugah untuk membantu saudara yang membutuhkan. Anak bangsa berkolaborasi dalam semangat filantropi, menghidupkan kembali kebersamaan dalam aksi-aksi kebaikan. Kami pun terus berikhtiar menghimpun kesadaran filantropi dari masyarakat dermawan agar semangat gotong-royong dan kepedulian muncul tanpa menunggu momentum,” ujar Syuhelmaidi.

Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia di Sakarya Turki (PPI Sakarya) Pupung Saepul Millah menerangkan, Gerakan Nasional Indonesia Dermawan diharapkan mampu menggerakkan pelajar Indonesia di Turki untuk semakin menghayati dan mengamalkan nilai-nilai kedermawanan untuk membangun negara dan bangsa Indonesia.

Kedermawanan adalah karakter bangsa Indonesia yang sangat mulia. Sebuah karakter ini terbentuk dari kemuliaan nilai-nilai yang dicontohkan oleh nenek moyang bangsa ini. Komunitas masyarakat dan pelajar Indonesia di Turki meyakini bahwa Gerakan Nasional Indonesia Dermawan dapat menggerakkan masyarakat diaspora Indonesia di Turki untuk saling membantu saudara yang membutuhkan dalam semangat ke-Indonesia-an. []

Bagikan