Didukung Sahabat UMI, Komariyah Kembali Dagang Keripik

Pertolongan Allah dirasakan Komariyah ketika ia tak lagi mendapatkan pemasukan sebagai buruh harian lepas selama tiga bulan. Ia mendapatkan sedekah modal usaha dari program Sahabat UMI dan ia gunakan untuk berjualan keripik.

Didukung Sahabat UMI, Komariyah Kembali Dagang Keripik' photo
Komariyah tengah membungkus keripik pisang yang akan ia jajakan. Bantuan modal usaha memungkinkan perempuan paruh baya ini untuk berjualan kembali. (ACTNews)

ACTNews, BANDUNG - Komariyah (55), warga Kampung Cicangkudu Kabupaten Bandung kini kembali bangkit dari keterpurukan ekonomi yang sempat menimpanya. Perempuan paruh baya itu sempat bekerja sebagai buruh harian lepas di tempat produksi sandal skala rumahan. Namun, pandemi Covid-19 membuat tempat produksi sandal tersebut mengurangi jumlah buruh harian lepas akibat sepinya pesanan. Komariyah jadi salah satu yang terdampak pengurangan tersebut.

Hampir 3 bulan kebingungan tak miliki pemasukan, Komariyah berpikir keras untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Pasalnya, ia tinggal bersama sang suami yang berprofesi sebagai buruh tani sehingga tak miliki penghasilan cukup. Tiga anaknya pun telah menikah dan tinggal terpisah bersama pasangan mereka.

Namun, pertolongan Allah dirasakan Komariyah di masa sulit itu. Ia mendapatkan sedekah modal usaha dari program Sahabat Usaha Mikro Indonesia (Sahabat UMI). Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Jawa Barat memberikan bantuan modal usaha tersebut pada awal Januari 2021 yang kemudian digunakan sebagai modal berjualan keripik sukun dan ketela.

Saat kunjungan kedua Tim ACT dan MRI Jawa Barat ke rumah ke kediaman Komariyah pada Rabu (13/1/2021), ia sedang membuat keripik yang akan dijual. Ia tampak semangat dan mengucap syukur atas bantuan usaha untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarganya.

"Alhamdulillah, dari bantuan yang kemarin diberikan kepada Ibu, sekarang sudah mulai ada yang pesan keripik. Jadi Ibu sedang buat untuk yang pesan-pesan itu. Hitung-hitung bantu suami juga," ungkap Komariyah. Tak lupa ia mendoakan agar para dermawan agar tetap dalam keadaan sehat.

Program Sahabat UMI terus mendukung perjuangan ibu di Indonesia yang berjuang menafkahi keluarga. “Insyaallah kami akan terus bantu sosok Komariyah lainnya di luar sana agar bisa kembali bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Melalui program Sahabat UMI, ACT Jawa Barat siap menyampaikan bantuan sahabat dermawan kepada mereka yang membutuhkan,” terang Trisna Adi Permana, Kepala Cabang ACT Jawa Barat. []