Distribusi Kurban Targetkan Nelayan dan Pekerja Wisata di Gili Belek dan Gili Gede Sekotong, NTB

Gili Belek dan Gili Gede Sekotong menjadi salah satu fokus Global Qurban-ACT NTB pada tahun ini. Sebab banyak pelaku wisata dan nelayan yang terdampak secara ekonomi akibat dari PPKM.

kurban ntb
Untuk wilayah NTB, selain menyapa Pulau Lombok, kurban juga menyasar daerah Sumbawa, Bima, dan Dompu. (ACTNews)

ACTNews, LOMBOK BARAT, LOMBOK TIMUR – Dampak PPKM tahun ini sangat dirasakan oleh mereka yang tinggal di tepian negeri. Seperti bagi masyarakat yang berada di wilayah Gili Belek, Lombok Timur dan Gili Gede Sekotong, Lombok Barat.

Warga di Gili yang mayoritas bermata pencaharian di bidang pariwisata dan nelayan saat ini kesulitan untuk mendapatkan memenuhi kebutuhan hidupnya. Ditutupnya kunjungan wisata ke Gili secara otomatis menghentikan laju perputaran ekonomi warga setempat. Hasil menjadi nelayan juga tidak tentu, bergantung pada kondisi alam.

Merespons kondisi ini, Global Qurban-ACT NTB bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) setempat, menyampaikan amanah kurban dermawan di Gili Belek, dan Gili Gede Sekotong pada Selasa (20/7/2021) lalu. “Dua lokasi ini menjadi sentral pendistribusian daging kurban kita pada tahun ini. Selain lokasi yang jauh dari perkotaan, juga masyarakat pesisir tersebut jarang mengkonsumsi daging,” ungkap Kepala Cabang ACT NTB Juaini Pratama.


Juaini mengungkapkan, dengan kurban tanpa batas kali ini bisa menjangkau pelosok daerah tanpa ada sekat teritorial untuk menikmati daging hewan kurban. “Kurban tidak hanya kami distribusikan di wilayah Lombok, tetapi kami juga melakukan pemotongan di Sumbawa, Bima, dan Dompu. Dan amanah dari para dermawan insyaallah sudah tersalurkan kepada mereka yang benar-benar membutuhkan,” kata Junaini

Seperti yang diungkapkan oleh M. Sukur sebagai Kepala Dusun Labuan Cenik Desa Gili Gede Indah Kec Sekotong. Mereka mengaku bersyukur atas bantuan daging hewan kurban, serta terharu karena selama ini mereka sangat jarang mengkonsumsi daging serta belum ada yang menyentuh lokasi tersebut. []