Distribusi Makanan Siap Santap, Ikhtiar Rutin ACT Membantu Masyarakat Gaza

Sedikitnya 1.250 porsi makanan berisi nasi dan daging didistribusikan ACT kali ini.

bantuan makanan palestina
Makanan siap saji dari dermawan dibagikan ke keluarga prasejahtera di Gaza. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Memiliki luas sekitar 365 kilometer persegi atau tidak lebih luas dari Jakarta, Jalur Gaza dihuni oleh lebih dari dua juta jiwa. Belasan tahun sudah warga Palestina di Gaza harus berjuang ekstra keras untuk bisa bertahan hidup di bawah bayang-bayang penjajahan dan blokade Israel. 

Kondisi itu membuat hampir seluruh komoditas yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari sulit masuk ke Gaza, termasuk pangan. Belum lagi, banyak keluarga di Gaza mengalami kesulitan ekonomi. Mereka kesulitan untuk membeli makanan karena tidak memiliki uang.

Untuk itu, Aksi Cepat Tanggap (ACT) berikhtiar untuk bisa terus memberikan bantuan pangan kepada warga Gaza. Pertengahan Agustus lalu, dermawan di Indonesia melalui ACT mendistribusikan sebanyak 1.250 porsi makanan siap saji untuk dibagikan ke warga Gaza di Beit Lahia, Gaza Utara. Makanan tersebut diantar langsung ke rumah warga oleh relawan ACT di Palestina.

“Makanan siap santap ini dimasak oleh juru masak profesional ACT di dapur umum Indonesia di Gaza. Berisi nasi dan daging yang kaya akan rempah khas timur tengah, proses memasak dilakukan dengan selalu menjaga kebersihan. Sehingga selain enak, makanan ini juga dijamin higienis,” ujar Said Mukaffiy dari tim Global Humanity Response ACT.

Said menuturkan tiap keluarga mendapatkan jumlah porsi makanan sesuai dengan anggota keluarga mereka. Beberapa keluarga diketahui memiliki anggota keluarga yang cukup banyak. Mereka sangat berterima kasih atas bantuan yang telah mereka terima. Sebab, jika harus membeli makanan, mereka tidak memiliki uang yang cukup untuk satu keluarga.

“Bantuan makanan tidak hanya ACT bagikan lewat dapur umum. Beberapa hari sebelumnya, armada Humanity Food Truck juga telah berkeliling Gaza membagikan makanan untuk meredam kelaparan warga di sana. Jika bantuan Sahabat Dermawan bisa terus mengalir, Insyaallah ACT bisa terus menggaungkan aksi bagi-bagi makanan ini untuk warga Gaza,” pungkas Said.[]