Ditusuk saat Ceramah Jadi Pengalaman Ustaz Zaid Maulana Berdakwah

Pengalaman pahit Ustaz Zaid Maulana dalam berdakwah, ditusuk saat ceramah.

ustaz zaid maulana
Ustaz Zaid Maulana saat menerima bantuan biaya hidup dari Global Zakat-ACT di rumahnya. (ACTNews)

ACTNews, ACEH TENGGARA – Dakwah menjadi jalan hidup yang ditekuni Ustaz Zaid Maulana. Selama berdakwah, banyak pengalaman yang ia alami salah satunya ditusuk saat sedang ceramah. 

Peristiwa penusukan terjadi pada tahun 2020 lalu. Saat itu Ustaz Zaid sedang ceramah di masjid Al-Husna, Desa Kandang Belang, Kecamatan Lawe Bulan, Kabupaten Aceh Tenggara. Saat itu, Ustaz Zaid sedang ceramah di acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. 

Ustaz Zaid mengatakan, pelaku masuk lewat jendela masjid yang berada di belakang mimbar. Dirinya yang sedang ceramah menghadap jemaah tidak mengetahui kehadiran pelaku. 

“Jemaah teriak. Alhamdulillah Allah masih kasih saya keselamatan. Saya sempat menghindar dan menangkis serangan pelaku, akhirnya pisau pelaku meleset dan mengenai tangan kanan saya. Jemaah ramai dan kaget karena kejadiannya begitu cepat,” kenang Ustaz Zaid menceritakan peristiwa penusukan kepada tim Global Zakat-ACT, Kamis (19/8/2021). 

Ustaz Zaid tidak mengetahui apa motif pelaku melakukan penyerangan terhadapnya. Usai penusukan, dirinya langsung dilarikan ke rumah sakit. Diketahui pelaku mantan polisi yang dipecat secara tidak hormat.  “Mungkin dia depresi. Saya juga tidak kenal pelaku, apalagi punya urusan,” katanya. 

Meski mengalami peristiwa tersebut, Ustaz Zaid hingga saat ini masih aktif berdakwah. Baginya, dakwah adalah kewajiban dan perjuangan para Nabi yang harus terus dilanjutkan. “Enggak ada apa-apanya (penusukan) itu daripada yang dialami para Nabi. Kita ambil hikmahnya saja, harus lebih waspada,” pungkasnya.[]