Dobrak Kerawanan Pangan Palestina dengan Berqurban Tanpa Batas

Untuk mendobrak kelaparan dan kerawanan pangan di Palestina, ACT tiap tahun selalu mendistribusikan daging kurban kualitas terbaik untuk warga Palestina di Gaza dan Yerusalem. Tahun ini pun ikhtiar ACT tak mengendur.

kurban  untuk masyarakat palestina
Pelaksanaan kurban Palestina pada 2020 lalu. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Lewat ibadah kurban, Global Qurban ACT tiap tahun membagikan daging kurban berkualitas untuk warga Palestina. Semua itu dilakukan untuk mendobrak kerawanan pangan yang tela lama membelenggu warga Palestina.

Pada ibadah kurban tahun lalu misalnya. Sejumlah 284 ekor kambing, 31 sapi, dan 20 ekor unta disembelih oleh ACT. “Mayoritas hewan kurban didistribusikan di wilayah Gaza. Namun, lewat ikhtiar besar menjangkau sebanyak-banyaknya warga Palestina, maka terdapat juga penyembelihan di wilayah Yerusalem. Warga Palestina di sana mengalami intimidasi dari segala macam sisi, baik dari ekonomi maupun kebudayaan,” ujar Andy Noor Fardiba dari tim Global Humanity Response (GHR) ACT, Senin (29/6/2021).

Untuk di Gaza, daging kurban dibagikan kepada penduduk di berbagai kegubernuran. Dari mulai dari Kota Gaza, Jabalia di Utara, hingga Kahn Yunis dan Rafah di dekat perbatasan Mesir. Penyembelihan dilakukan di rumah potong hewan dan didistribusikan langsung oleh relawan dari rumah ke rumah dengan standar kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Pada tahun ini, tekad ACT untuk distribusi hewan kurban di Palestina pun tak kendur. Justru, rencana jumlah hewan yang dikurbankan akan ditambah sejalan dengan meningkatnya kebutuhan pangan warga Gaza.


Anak-anak di Kota Gaza secara simbolis menerima daging kurban pada Iduladha 1441H. (ACTNews)

Berdasarkan data yang dihimpun GHR-ACT, ada dua juta warga Palestina yang mengalami kerawanan pangan pada 2020 lalu. Di mana 1,4 juta di antaranya adalah warga Palestina yang bermukim di Gaza. Tingginya angka kerawanan pangan di Palestina disebabkan angka kemiskinan dan pengangguran yang juga tinggi. Banyak warga di sana yang memiliki keterbatasan untuk memperoleh akses terhadap jumlah dan variasi makanan.

“Maka dari itu, ACT mengajak seluruh Sahabat Dermawan untuk bisa turut membantu menyudahi kerawanan pangan di ACT dengan cara berkurban melalui Globalqurban.com. Satu ekor kambing atau domba seberat 40 kilogram, harganya Rp5 juta. Sedangkan sapi Palestina seberat 350 kilogram, harganya Rp35 juta,” jelas Faradiba.[]