Dua Pintu Air Jakarta Masih Berstatus Siaga 2

Sebagian wilayah Jakarta sempat diminta waspada pada Senin (21/9) malam karena tinggi debit air Bendung Katulampa, Bogor, mencapai 250 sentimeter atau siaga 1. Pada Selasa (22/9) pagi, pintu air pun berstatus Siaga 2 dengan ketinggian mencapai 200 sentimeter.

Relawan membantu persiapan Tim Disaster Emergency Response - Aksi Cepat Tanggap menyiapkan kendaraan dan perahu karet dalam persiapan patroli daerah rawan banjir, Senin (21/9). (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA – Hingga Selasa (22/9) pagi pukul 09.00 WIB, dua pintu air di wilayah Jakarta berstatus siaga 2. Keduanya adalah Pintu Air Jembatan Merah Flusing Ancol dengan ketinggian air masing-masing 200 sentimeter dan 191 sentimeter. Ketinggian air di Pintu air Jembatan Merah mengalami kenaikan.

Sebelumnya, Bendung Katulampa sebagai hulu Sungai Ciliwung juga berstatus Siaga 1 pada Senin (21/9) malam. Pagi ini, berdasarkan data Posko Banjir Jakarta, ketinggian air di Bendung Katulampa berada di batas normal yakni 20 sentimeter.

Komandan Disaster Emergency Response - Aksi Cepat Tanggap Kusmayadi melaporkan, Senin (21/9) malam, sejumlah personil tim tanggap darurat ditugaskan patroli meninjau wilayah yang diminta waspada. “Tim juga membawa perahu karet untuk mengantisipasi keadaan,” kata Kusmayadi.

Senin (21/9) malam, BPBD DKI Jakarta mengeluarkan imbauan waspada untuk warga di perlintasan Sungai Ciliwung. Wilayah-wilayah itu adalah Rajawali, Pejaten Timur, Kalibata, Pengadegan, Cawang, Kebon Baru, Bukit Duri, Bidara Cina, dan Kampung Melayu.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memperkirakan hujan disertai petir terjadi di wilayah Jabodetabek pada Selasa (22/9). Perkiraan cuaca itu berdasarkan citraan satelit Himawari BMKG.

Sementara itu, pada Senin malam, Tim DER - ACT dan Masyarakat Relawan Indonesia juga telah bersiaga di Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Luapan Sungai Cibuntu itu menghanyutkan tiga warga yang hingga kini belum ditemukan. Hingga saat ini, terdata 97 rumah dan 971 jiwa terdampak.[]