Dukungan Besar Masyarakat Jateng untuk Kapal Kemanusiaan

Belasan ton bantuan pun terkumpul pada Kamis (28/1/2021) dan langsung diberangkatkan menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Jawa Tengah berfoto setelah membantu memuat logistik ke dalam truk bantuan kemanusiaan. (ACTNews)

ACTNews, SEMARANG - Masyarakat Jawa Tengah turut berempati dengan bencana banjir besar yang menimpa Kalimantan Selatan sejak 9 Januari lalu. Berbagai ikhtiar dilakukan untuk membantu saudara terdampak, termasuk bahu-membahu mengumpulkan bantuan pangan dan logistik.

Enam belas ton bantuan pun terkumpul pada Kamis (28/1/2021) dan langsung diberangkatkan menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. “Bantuan berasal dari warga Jawa Tengah,. Ada pula 100 ton amanah masyarakat Jawa Barat melalui Global Wakaf-ACT program Wakaf Pangan Produktif. Produk yang dikirimkan di antaranya Beras Wakaf dan Air Minum Wakaf,” jelas Hamas Rausyanfikr dari Tim Program ACT. 

Bantuan lainnya yang terkumpul antara lain pakaian baru, susu, minyak, makanan ringan, peralatan kebersihan, hingga obat-obatan di kantor-kantor cabang ACT Jawa Tengah, seperti Semarang, Purwokerto, Tegal, dan Solo. Bantuan ini akan digabungkan dengan berbagai bantuan dari wilayah lainnya, lalu dilayarkan oleh Kapal Kemanusiaan menuju Kalimantan Selatan pada Sabtu (30/1/2021).

“ACT tengah berkolaborasi dengan TNI Angkatan Laut dan akan memberangkatkan Kapal Kemanusiaan menuju Kalsel pada Sabtu (30/1/2021) mendatang,” ungkap Septi Endrasmoro selaku Kepala Cabang ACT Jateng.

Sebelumnya pada Rabu (27/1/2021) ACT sudah mengirimkan 1.000 ton logistik menggunakan Kapal Kemanusiaan yang bertolak dari Pelabuhan Sunda Kelapa di Jakarta menuju Sulbar. “Pemberangkatan kedua melalui Pelabuhan Tanjung Perak kita targetkan sebanyak 1.000 ton yang didukung dari cabang-cabang ACT di DI Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur,” imbuh Septi.

Selain itu, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Jateng ikut menggerakkan relawan dalam misi kemanusiaan ini. “Ratusan relawan dari sudah bertugas di Sulbar dan Kalsel dalam fase tanggap darurat. ACT berkomitmen akan membagikan sembako yang dikirimkan dengan proporsional di 38 posko yang tersebar di wilayah terdampak," pungkas Hamas. []