Dukungan Pangan untuk Tim Evakuasi Sriwijaya SJ 182

Tak hanya mengirimkan relawan untuk ikut dalam pencarian pesawat Sriwijaya SJ 182, Aksi Cepat Tanggap (ACT) juga menyiagakan armada kemanusiaan terbaikanya, yakni Humanity Food Truck dan Humanity Water Tank di Pelabuhan JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Relawan MRI-ACT mendistribusikan paket makanan siap santap dari Humanity Food Truck untuk relawan yang bertugas di pencarian Sriwijaya SJ 182. (ACTNews/Eko Ramdani)

ACTNews, JAKARTA – Rabu (13/1/2021) kemarin menjadi hari ke lima proses pencarian pesawat Sriwijaya SJ 182 yang ketahui jatuh di perairan sekitar Kepulauan Seribu, Jakarta. Pencarian difokuskan di dalam dan permukaan air oleh tim pencarian yang terdiri dari berbagai unsur, termasuk relawan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Aksi Cepat Tanggap (ACT). Selain di perairan Kepulauan Seribu, petugas serta relawan juga bersiaga di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta untuk melakukan koordinasi serta bersiaga jika hasil temuan dari perairan dibawa ke darat.

Selain menerjunkan tim relawan untuk terlibat langsung dalam proses evakuasi pesawat Sriwijaya SJ 182, ACT juga mendatangkan salah satu armada kemanusiaan terbaiknya ke Pelabuhan Tanjung Priok, ialah Humanity Food Truck. Setiap hari, terhitung sejak Selasa (12/1/2021), truk berdapur ini menyajikan ratusan porsi makanan siap santap. Hidangan didistribusikan bagi relawan dan petugas di posko evakuasi di pelabuhan JICT serta keluarga korban yang jika kebetulan berkunjung ke tempat pengumpulan puing pesawat tersebut.

“Dalam sehari, sekitar 300 porsi makanan kami sajikan untuk tim yang bertugas. Sebagian menu dari paket pangan ini juga diolah di dapur Humanity Food Truck,” jelas Ryan Andriana, Koordinator Humanity Food Truck, Rabu (13/1/2021).

Setiap hari, menu berupa nasi putih, lauk daging hingga sayur dihidangkan, tak ketinggalan Air Minum Wakaf yang didistribusikan secara gratis. Paket pangan siap santap ini akan hadir selama lima hari untuk mendampingi petugas serta relawan di Pelabuhan JICT Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Selain Humanity Food Truck, ACT juga menyiagakan armada Humanity Water Tank untuk menyediakan air bersih bagi seluruh petugas di Pelabuhan JICT. Armada ini disiagakan 24 jam, sehingga kebutuhan air bersih selalu tersedia. “Seluruh petugas serta pengunjung yang ada di Pelabuhan JICT bisa memanfaatkan air bersih yang kami sediakan,” tambah Ryan.

Terus melakukan pencarian

Lukman Solehudin yang memimpin tim MRI-ACT dalam aksi pencarian Sriwijaya SJ 182 mengatakan, hingga hari ke lima pencarian, berbagai temuan puing serta jenazah penumpang satu per satu dibawa ke darat. Sebagian puing tetap berada di Pelabuhan JICT, sedangkan jenazah segera dibawa ke rumah sakit.

“Tim MRI-ACT telibat langsung dalam proses pencarian di permukaan air di wilayah Kepulauan Seribu bersama tim SAR gabungan,” jelas Lukman, Rabu (14/1/2021).

Hingga hari ini, relawan serta petugas gabungan masih berjibaku mencari dan mengangkat penumpang Sriwijaya SJ 182 yang masih dinyatakan hilang. Pencarian pun diperluas hingga ke wilayah Tanjung Kait, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.[]