Dukungan Penuh untuk UMKM di Sumatra Utara

Di Sumatra Utara, Global Wakaf-ACT bersama Pemerintah Provinsi menghadirkan Wakaf UMKM. Program kebaikan dari pengelolaan dana wakaf ini diharapkan mampu mengangkat kapasitas usaha di tengah pandemi berkepanjangan.

Serah terima simbolis bantuan modal usaha bagi pelaku UMKM di Sumatra Utara. (ACTNews)

ACTNews, MEDAN Berkolaborasi dengan Pemerintah, Global Wakaf-ACT pada Kamis (8/7/2021) meluncurkan Wakaf UMKM di Medan, Sumatra Utara. Acara yang digelar di Aula T Rizal Nurdin, Kompleks Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara ini dihadiri juga Direksi PT Bank Sumut serta pelaku UMKM. Lewat kehadiran program ini, diharapkan mampu meningkatkan kapasitas usaha UMKM di Sumut, khususnya di tengah terpaan badai pandemi.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi pun menyambut baik hadirnya program ini. Dalam sambutannya, Edy berharap dan mengajak warga Sumatra Utara mampu bersama-sama bersatu membantu saudara yang tengah diuji, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini.

“Pemerintah saat ini benar-benar harus melakukan kebijakan yang begitu ketat, sehingga banyak sekali kegiatan perekonomian yang terpaksa harus dibatasi untuk sementara waktu demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Sumatera Utara, ini semua dilakukan agar kita semua selamat. Untuk itu, perlu adanya saling bantu,” jelas Edy.

Wakaf UMKM sendiri merupakan salah satu program yang memaksimalkan dana wakaf yang dikelola Global Wakaf-ACT pada sektor ekonomi produktif. Dana wakaf akan terus berputar membiayai UMKM sehingga nilainya tak langsung habis.

Kepala Regional ACT Sumatra Bagian Utara Husaini Ismail mengatakan, hadirnya Wakaf UMKM bersama Pemprov Sumut akan berikhtiar membangkitkan UMKM di tengah ujian pandemi. Ditargetkan, seribu pelaku UMKM akan menerima bantuan bersama Pemprov Sumut ini.

“Ini merupakan wujud nyata solidaritas kita di tengah kedaruratan kondisi saat ini dampak pandemi. Dengan spirit Bersama Angkat Indonesia, Global Wakaf-ACT bersama Pemprov Sumut akan menghadirkan yang terbaik,” jelas Husaini.

Selain bantuan modal usaha, Global Wakaf-ACT juga bakal memberikan pendampingan terharap pelaku UMKM. Meningkatkan kapasitas agar menyejahterakan keluarga pelaku usaha menjadi tujuan. Tak hanya itu, melahirkan kebaikan baru dari penerima manfaat menjadi harapan agar kedermawanan terus meluas.[]