Dukungan untuk Guru Honorer Menjelang Ramadan

Biaya hidup bagi guru honorer dan prasejahtera terus Global Zakat luaskan. Kali ini, mereka yang mengabdi di Jakarta Utara yang mendapatkannya di momen menjelang Ramadan.

Ahmad, salah satu guru di Jakarta Utara menerima biaya hidup dari program Sahabat Guru Indonesia. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA UTARA – Menjelang Ramadan, Global Zakat-ACT terus meluaskan kebaikan lewat program Sahabat Guru Indonesia. Program yang memberikan biaya hidup bagi guru honorer dan prasejahtera ini menyapa guru-guru yang mengabdi di wilayah Jakarta Utara. Pada akhir Maret, biaya hidup sebagai bentuk apresiasi ini diberikan.

Ahmad, seorang guru di Cilincing, Jakarta Utara merupakan salah satu guru yang mendapatkan biaya hidup. Sejak pandemi, kehidupan guru ini ikut terdampak. Akibatnya, ia harus rela berhemat untuk memenuhi kebutuhan keluarga, termasuk membayar sewa rumah kontrakan.

“Berbekal semangat yang tinggi dalam mengajar, Pak Ahmad mengabdi untuk pendidikan di lingkungannya,” ungkap Harun Basalamah dari tim Program Global Zakat Jakarta Utara.

Sahabat Guru Indonesia dari Global Zakat telah hadir lebih dari satu tahun. Manfaatnya pun telah dirasakan secara luas. Mulai dari guru yang ada di perkotan maupun mereka yang mengabdi di tepian negeri. Ribuan guru telah terbantu oleh program yang bersumber dari zakat masyarakat ini.

Riski Andriani, Koordinator Program Sahabat Guru Indonesia, mengatakan, selain biaya hidup, Global Zakat-ACT juga memfasilitasi guru-guru untuk meningkatkan kapasitasnya sebagai pendidik. Lewat berbagai seminar daring yang rutin dilakukan selama pandemi, diharapkan mampu menambah wawasan guru untuk menghadapi perubahan pola belajar.

“Sahabat Guru Indonesia tak hanya sekadar memberikan biaya hidup, tapi juga pendampingan serta membentuk forum agar kebaikan yang berawal dari dana zakat ini bisa berlanjut dengan lahirnya kebaikan baru,” jelas Riski, Ahad (28/3/2021).[]