Dwiki Dharmawan: Kita Dilahirkan untuk Bermanfaat dan Berguna

Atas dasar bahwa manusia harus saling bermanfaat dan menjadi dermawan, Dwiki Dharmawan juga ikut mendukung Gerakan Nasional Indonesia Dermawan yang diinisiasi oleh Global Islamic Philanthropy.

Dwiki Dharmawan: Kita Dilahirkan untuk Bermanfaat dan Berguna' photo

ACTNews, JAKARTA - Kedermawanan bukan sekadar harta. Setidaknya itu yang diungkapkan oleh Dwiki Dharmawan saat dimintai pendapat mengenai kedermawanan. Bagi musisi jazz tersebut, kedermawanan bisa berbentuk banyak hal, asal bermanfaat bagi orang lain.

“Menurut saya dermawan itu adalah apabila kita mau menafkahkan atau mewakafkan waktu kita, sebagian waktu kita, atau lebih banyak waktu kita untuk hal-hal yang bermanfaat bagi umat, bermanfaat bagi orang banyak,” jelasnya pada Senin (9/9) lalu.

Dwiki menjelaskan, kedermawanan adalah sifat dasar manusia. Menurutnya, manusia di dunia terlahir tidak untuk sebagai makhluk yang individualis dan mementingkan dirinya sendiri, tetapi untuk menyebar kemanfaatannya bagi sesama.

“Kita tidak pernah tahu kapan kita akan dipanggil oleh Yang Maha Kuasa. Makanya setiap hari kita harus menjadi lebih dermawan dan lebih dermawan lagi. Tentunya kita dilahirkan tidak hanya untuk diri kita sendiri dan keluarga, tetapi untuk menjadi lebih bermanfaat dan berguna untuk sesama,” kata Dwiki.


Oleh karenanya, Dwiki sangat mendukung Gerakan Nasional Indonesia Dermawan yang diinisiasi Global Islamic Philanthropy (GIP). Ia berharap gerakan yang bertujuan meningkatkan nilai-nilai kedermawan ini dapat menyelesaikan sebagian permasalahan yang kini sedang dihadapi bangsa.

Bukan sekali ini saja Dwiki mendukung aktivitas kemanusiaan bersama GIP. Sebut saja pada tahun 2010 lalu, ia berpartisipasi pada Konser bertajuk Care for Humanity Sumbar Recovery Charity yang diadakan bersama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang berada di bawah bendera GIP. Konser itu bertujuan untuk menghimpun bantuan bagi korban gempa di Sumatra Barat, yang kala itu sedang memasuki fase pemulihan pascagempa pada tahun 2009.

Tidak hanya itu, kontribusi Dwiki untuk kemanusiaan juga tampak saat ia menjadi inisiator untuk Konser Kemanusiaan Jakarta Loves Lombok tahun 2018 lalu. Dwiki mengungkapkan ide untuk membuat konser yang diramaikan oleh banyak musisi tersebut datang ketika ia turut merasa sedih karena besarnya dampak yang timbul akibat gempa Lombok. Konser ini merupakan bentuk sumbangsihnya sebagai musisi dengan menyalurkan bakat yang ia punya untuk membantu korban gempa.

"Musik itu saya, hidup saya, dunia saya. Saya sudah beberapa kali ikut jadi relawan ACT. Sudah beberapa kali bergabung dalam misi kemanusiaan yang digerakkan ACT. Sekarang dalam permasalahan Lombok, saya juga ingin berkolaborasi dengan ACT demi pemulihan Lombok," ujar Dwiki pada tahun lalu.

Seperti dalam kegiatan-kegiatan dengan ACT sebelumnya, dalam Gerakan Nasional Indonesia Dermawan juga, Dwiki tidak ingin ketinggalan. Ia mengatakan bila kesempatan datang kembali kepadanya, ia ingin turut juga berpartisipasi di dalamnya.

“Dan tentunya selalu ingin ikut bersama Gerakan Nasional Indonesia Dermawan ini. Insyaallah, dari sisa umur yang diberikan oleh Allah SWT ini kepada saya bisa lebih banyak dimanfaatkan untuk kedermawanan,” kata Dwiki. []

Bagikan