Festival Muharam Ajak Warga Kepulauan Riau Peduli Bencana Kekeringan

Pergantian tahun hijriah menjadi momuntem terbaik untuk meluaskan kepedulian terhadap dampak bencana kekeringan yang melanda berbagai wilayah di Indonesia. Seperti yang dilakukan oleh warga di Batam, Kepulauan Riau.

Festival Muharam Ajak Warga Kepulauan Riau Peduli Bencana Kekeringan' photo

ACTNews, BATAM Bertepatan dengan malam tahun baru Hijriah pada Sabtu (31/8) lalu, Masyarakat Relawan Indonesia-Aksi Cepat Tanggap bersama Remaja Masjid Al-Ikhlas Nirwana Residence, Kecamatan Sekupang, Batam menggelar Festival Muharam 1441 Hijriah. Festival ini dimeriahkan dengan berbagai macam perlombaan bagi anak dan remaja. Sebanyak 60 peserta terlibat dalam berbagai lomba seperti mewarnai, tilawatil Alquran, lomba azan, hingga lomba memanah yang diikuti anak usia 6-15 tahun.

Ketua MRI Kepulauan Riau Guntar S. Sembiring mengatakan, Festival Muharam merupakan cara untuk menjaga kecintaan masyarakat terhadap Islam. Selain itu, peringatan tahun baru Islam ini juga bertujuan menumbuhkan rasa kemanusiaan dengan peduli terhadap saudara sesama yang sedang tertimpa musibah.

“Musibah besar yang sedang terjadi sekarang adalah kekeringan. Walau di Kepri tak terlalu berdampak, pada Festival Muharam ini kami berharap setiap lini masyarakat dapat berperan aktif dalam membantu sesama manusia yang terkena musibah,” ungkap Guntar.


Tak hanya perlombaan, malam pergantian tahun Islam ini juga diisi dengan tablig akbar yang diisi oleh Ustaz Dedeng Zidni. Ceramah agama itu berisikan pesan pesan yang bertujuan mempererat persaudaraan sesama manusia di tahun baru hijriyah.

Tak kurang dari 180 jemaah hadir di Masjid Al Ikhlas Nirwana Residence. Selain diisi dengan ceramah agama, ACT juga tampil dengan memaparkan kondisi kekeringan di berbagai tempat di Indonesia. Pada sesi ini warga yang hadir tampak antusias memahami bencana kekeringan yang sedang terjadi pada tahun 2019 ini.

Anizul Maidi dari ACT Kepri mengatakan, setelah pemaparan tentang kondisi kekeringan di Indonesia, banyak jemaah yang kemudian tergerak untuk melakukan penggalangan donasi. Nantinya donasi ini akan disalurkan melalui ACT guna pendistribusian air bersih ke berbagai daerah terdampak kekeringan. “Di berbagai lokasi ACT telah mendistribusikan air bersih menggunakan Humanity Water Tank dibantu oleh relawan yang tergabung dalam MRI,” jelasnya.[]

Bagikan