Forum Sahabat Guru Indonesia, Penggerak Pendidikan di Bangka Belitung

Global Zakat-ACT Bangka Belitung telah membentuk Forum Sahabat Guru Indonesia (SGI) Bangka Belitung. Forum ini bertujuan agar para guru bisa berkoordinasi dalam gerakan kemanusiaan di bidang pendidikan.

Global Zakat - ACT Bangka Belitung memberikan bantuan kepada sejumlah guru di Bangka Belitung. Bantuan ini merupakan ikhtiar untuk membantu para guru yang terus berjuang dibidang pendidikan untuk memenuhi kebutuhan hidup. (ACTNews/Rika)

ACTNews, PANGKAL PINANG – Global Zakat - ACT Bangka Belitung membentuk Forum Sahabat Guru Indonesia Bangka Belitung, Rabu (4/11) di Kota Pangkal Pinang. Forum ini beranggotakan guru honorer yang tergabung dalam program Sahabat Guru Indonesia Bangka Belitung.

Forum SGI Bangka Belitung bertujuan memfasilitasi koordinasi para guru dalam gerakan kemanusiaan di bidang pendidikan. Melalui forum SGI, guru-guru diharapkan bisa berbagi pengalaman dan saling berdiskusi menemukan solusi kegiatan belajar mengajar.

Bobby Bagaskara sebagai Penanggung Jawab Program Sahabat Guru Indonesia Global Zakat-ACT Bangka Belitung menerangkan, forum Sahabat Guru Indonesia diharapkan memudahkan kolaborasi kemanusiaan yang dilakukan Global Zakat-ACT dengan para guru di Provinsi Bangka Belitung.

Ia juga menjelaskan, Program Sahabat Guru Indonesia di Bangka Belitung merupakan ikhtiar rutin dari Global Zakat-ACT Bangka untuk membantu para guru honorer terdampak pandemi Covid-19 memenuhi kebutuhan hidup. Program ini sudah berlangsung hampir satu tahun dengan jumlah penerima manfaat mencapai puluhan orang. 

“Alhamdulillah, hari ini telah terbentuk dan terpilih Pengurus Forum Sahabat Guru Indonesia Bangka Belitung. Semoga dengan terbentuknya forum ini dapat meningkatkan ukhuwah persaudaraan serta memacu semangat para guru untuk terus berjuang di bidang pendidikan,” kata Bagaskara. 

Pandemi yang berlangsung hingga saat ini turut menjadi tantangan para guru honorer. Di satu sisi, para guru dituntut menghadirkan metode pembelajaran yang efektif dengan adanya sistem pembelajaran jarak jauh.  Di sisi lain, selama pandemi, banyak sekali kasus guru honorer tidak menerima hak upah sehingga para guru itu harus berusaha dengan pekerjaan lain untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. 

“Terima kasih kepada Sahabat Dermawan yang sudah menunaikan zakat melalui Global Zakat-ACT Bangka Belitung sehingga program ini terus berjalan. Kami juga tidak akan bosan mengajak seluruh masyarakat untuk berikhtiar memuliakan para guru melalui program Sahabat Guru Indonesia Bangka Belitung. Zakat bisa ditunaikan melalui rekening BNI Syariah # 99 0000 614 an Yayasan Global Zakat,” tutup Bagaskara.[]