Gegas Berkurban di Awal Waktu

Sejumlah pekurban memilih berkurban secara progresif di Global Qurban guna berkurban di awal waktu. Mereka mengaku lega ketika telah menyisihkan rezekinya untuk membeli hewan kurban lebih dahulu.

Gegas Berkurban di Awal Waktu' photo
Global Qurban menjangkau penduduk Somalia setiap tahunnya. Puluhan ribu kurban dari dermawan Indonesia dinikmati ratusan ribu orang di Somalia. Tahun 2019, sebanyak 1.200 ekor sapi disembelih. (ACTNews/Shulhan Syamsur Rijal)

ACTNews, TASIKMALAYA, LAMPUNG – Masih tujuh bulan menuju Hari Raya Iduladha 1441 Hijriah pada akhir Juli 2020 nanti. Kenyataan itu tidak mengurangi semangat sejumlah pekurban yang sejak awal waktu menunaikan kurban melalui program Qurban Progresif dari Global Qurban.

Ruri Majid (28) misalnya, pekurban asal Tasikmalaya ini telah menyisihkan rezekinya untuk membeli hewan kurban pada bulan Desember. Tahun 2019 ini merupakan kali kedua Ruri berkurban secara progresif. “Tahun ini ikut Qurba Progresif untuk Iduladha 2020 nanti. Alhamdulillah, saat ini memang sedang ada rezeki. Saya merasa tenang karena sudah menyisihkan untuk berkurban,” aku pegawai badan usaha milik desa itu kepada ACTNews, Rabu (18/12).

Kepercayaan Ruri pada Global Qurban berlanjut. Menurut Ruri, berkurban di Global Qurban adalah pilihan yang tepat untuk bekurban. “Kebetulan di lingkungan kami sudah berkecukupan. Saat berkurban, daging cukup berlimpah. Melalui Global Qurban, kami berharap kurban kami bisa dinikmati saudara-saudara yang lebih jarang menikmati daging. Tahun lalu, alhamdilillah kurban kami sampai di Somalia,” terang Ruri.

Selain lebih menguntungkan dari sisi pekurban, Qurban Progresif juga meningkatkan parekonomian para peternak. Lumbung Ternak Wakaf di Tasikmalaya tengah mempersiapkan hewan kurban terbaik untuk Iduladha 2020. Perawatan terbaik dilakukan sepanjang tahun agar kualitas hewan kurban tetap baik ketika Iduladha tiba.

Rosman, salah satu pengurus LTW Tasikmalaya mengatakan, selain penggemukan, LTW Tasikmalaya juga melakukan pembibitan domba. Pakan khusus pun diberikan untuk menghasilkan kualitas hewan ternak terbaik untuk Iduladha mendatang.

“Sejak anakan, kami (peternak LTW) memberikan komposisi gizi dan perawatan khusus ke hewan ternak. Dengan begitu, kita akan mendapatkan kualitas hewan kurban terbaik untuk Iduladha, kami menjamin itu karena kami yang merawatnya sendiri,” ungkap Rosman, ketika ACTNews berkunjung ke LTW Tasikmalaya pertengahan Desember lalu.

Qurban Progresif merupakan program yang ditawarkan Global Qurban untuk membeli hewan kurban lebih awal. Harga kurban yang ditawarkan lebih terjangkau dan naik secara progresif setiap bulannya mendekati Hari Raya Idhuladha 1441 Hijriah.

Nia Kurniawati selaku Head of Data Global Qurban menerangkan, setiap bulan, jumlah pekurban yang mengikuti program Qurban Progresif semakin bertambah. “Total sampai Rabu (18/12) ini, 1324 hewan kurban setara kambing sudah terdaftar di Global Qurban,” terang Nia. Ia berharap, tahun ini Global Qurban bersama dermawan mampu mengantarkan nikmat daging kurban lebih banyak ke penerima manfaat di Indonesia dan dunia. []


Bagikan