Gempa 5,8 Rusak Belasan Bangunan di Tojo Una-Una Sulawesi Tenggara

Belasan rumah rusak dan seorang warga tewas, setelah gempa berkekuatan magnitudo 5,8 mengguncang wilayah Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah, pada Kamis (26/8/2021) pagi. Saat ini warga telah mengungsi ke tempat yang lebih aman.

gempa tojo una una
Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut hasil analisis, bahwa gempa tak menimbulkan potensi tsunami. (BMKG)

ACTNews, TOJO UNA-UNA – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,8 mengguncang wilayah Sulawesi Tengah pada Kamis (26/8/2021) pagi. Berdasarkan informasi yang diperoleh pusat gempa berada di laut 44 km barat laut Tojo Una-Una, pada kedalaman 10 km.

Akibat gempa, belasan bangunan rusak dan satu orang anak tewas tertimpa pagar yang jatuh. Bangunan juga menimpa dua warga hingga keduanya menderita luka ringan. Ratusan warga pun mengungsi ke tempat yang lebih aman setelah gempa.

"Pemda setempat bersama seluruh instansi terkait masih terus melakukan pendataan terkait berapa kerusakan, korban jiwa, serta jumlah warga yang mengungsi. Namun demikian, imbauan tetap kita gencarkan agar warga jangan panik," jelas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tojo Una-Una Iksan Badwi.

Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa terjadi pada pukul 09.14 WIB pada wilayah Teluk Tomini. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno, mengatakan gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal. Lebih lanjut, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Ia juga mengatakan agar masyarakat memeriksa dan memastikan bangunan cukup tahan gempa. Sehingga tidak ada kerusakan akibat getaran yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke rumah. []