Gempa Bumi M5,7 Guncang Lombok

Gempa Bumi M5,7 Guncang Lombok

ACTNews, MATARAM - Gempa bumi mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada Kamis (6/12) pagi. Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), getaran bermagnitudo 5,7 itu berpusat di 23 kilometer barat daya Mataram. Titik lokasi ini berada di sekitar perairan Gili di bagian utara Lombok.

Gempa berkedalaman 10 kilometer tak sampai menimbulkan gelombang tsunami. Namun begitu, kepanikan warga terlihat di hampir seluruh pulau yang bertetangga dengan Bali ini. Di ibu kota NTB, Mataram misalnya. Warga berhamburan ke luar rumah saat gempa berguncang pukul 08.02 WIB ini. “Sampai saat ini belum ada laporan korban jiwa, tapi di Mataram warga berhamburan ke jalan, mereka panik, gempa juga terasa lumayan lama,” jelas Juaini dari tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) NTB, Kamis (6/12).

 

Tak hanya di Lombok, rilis BMKG menyebut jika gempa juga terasa hingga pulau Bali. Paling tidak tujuh wilayah di Bali yang merasakan getaran gempa. Paling besar dirasakan warga di wilayah Denpasar dengan skala mercalli III-IV. Sedangkan di Sumbawa warga merasakan gempa dalam skala III MMI.

Tim ACT yang sampai saat ini masih mengawal pemulihan di Lombok, juga tengah menengok kondisi wilayah terdampak. Direncanakan relawan ACT yang tergabung dalam Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) sedang melakukan pendataan pascagempa pagi ini. “Saat ini kami sedang melakukan pelayanan medis kepada korban gempa di Pemenang Barat, Lombok Utara. Di sana ada beberapa orang yang mengalami luka akibat tertimpa puing bangunan,” tambah Juaini. []