Gempa Magnitudo 6,0 Landa Mediterania Timur, Terasa Hingga Turki dan Palestina

Gempa magnitudo 6,0 mengguncang wilayah Mediterania Timur. Getarannya terasa hingga Turki dan Palestina. Belum ada laporan terkait korban maupun bangunan yang rusak.

Gempa menguncang mediterania timur
Gempa mengguncang wilayah Mediterania Timur. (Dok. EMSC)

ACTNews, YUNANI – Gempa berkekuatan 6,0 magnitudo mengguncang Mediterania Timur, Selasa (19/10/2021) sekitar pukul 08.00 pagi waktu setempat. Dilaporkan, gempa yang berpusat di dekat pulau Rhodes, Yunani, terasa hingga kota-kota di Suriah, Lebanon, Siprus, Turki, Mesir, Israel, dan Palestina. Gempa berguncang sekitar 30 detik.

Tidak ada laporan segera tentang korban atau kerusakan besar di salah satu negara terdampak. Seorang seismolog Yunani mengatakan bahwa gempa tersebut berasal dari patahan lempeng Afrika yang berbeda dari gempa sebelumnya yang juga melanda Yunani, dan diperkirakan tidak ada gempa susulan.

Gempa tersebut mengkonfirmasi peningkatan aktivitas seismik saat ini di wilayah Mediterania Timur. Gempa Selasa lalu adalah gemoa yang ketiga dalan empat pekan terakhir yang melanda wilayah Yunani. Pada 12 Oktober lalu, gempa 6,3 SR melanda wilayah Kreta. Sementara pada 27 September, gempa 6,0 SR juga melanda Yunani dan merenggut nyawa satu orang.

Menurut Ethymios Lekkas, presiden Organisasi Perencanaan dan Perlindungan Gempa Yunani, kedua gempa tersebut tidak berhubungan dan muncul dari dua patahan yang berbeda.

Sementara itu, Turki yang merupakan salah satu negara terdekat dengan garis patahan gempa, menyatakan tidak ada cedera atau kerusakan yang terjadi. Direktorat Manajemen Bencana dan Darurat Turki mengatakan gempa bawah laut pagi ini melanda 117 mil dari kota Kas di Antalya sekitar pukul 08.32 waktu setempat.[]