Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan Hadir di Kalimantan Selatan

Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan ditujukan kepada masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi sekaligus memfasilitasi mereka yang ingin bersedekah secara langsung dan tepat sasaran. ACT Kalimantan Selatan akan segara mengaktifkan sejumlah posko dan rak Lumbung Sedekah Pangan pada pekan ini.

Peluncuran Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan di Kalimantan Selatan. (ACTNews/Fathoni)

ACTNews, BANJARMASIN Dalam era kenormalan baru, Aksi Cepat Tanggap Kalimantan Selatan meluncurkan Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan. Gerakan ini melibatkan semua elemen masyarakat untuk memberikan sedekah kepada masyarakat prasejahtera guna menghadapi pandemi Covid-19, Jumat (7/8).

Kepala Cabang ACT Kalsel Zainal Arifin mengatakan, tujuan gerakan ini adalah mengajak masyarakat  melakukan kedermawanan dan lebih peduli antarsesama. Sasaran utamanya adalah masyarakat yang secara langsung terdampak Covid-19.

“Kami meyakini kedermawanan yang luas bermuara pada kebangkitan ekonomi umat dan optimisme. Bersama-sama kita harus segera membuat keadaan lebih baik di masa sulit ini. ACT tidak ingin sendiri. Kami juga ingin memfasilitasi masyarakat dalam menghimpun kepedulian melalui Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan ini,” ujarnya.

Gerakan ini memang ditujukan kepada masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi sekaligus memfasilitasi mereka yang ingin bersedekah secara langsung dan tepat sasaran. “Semoga dengan gerakan ini dapat membantu lebih banyak masyarakat,” imbuh Zainal.

Retno Sulisetiyani dari Tim Program ACT Kalsel menjelaskan, sedekah yang dikumpulkan di Lumbung Sedekah Pangan bisa berupa natura atau pun bantuan tunai. Lumbung Sedekah Pangan ini berbentuk rak-bertuliskan “Beri Sedekah Terbaikmu, Ambil Secukupnya bagi yang Perlu”-yang diisi bahan pangan pokok, seperti beras, telur, dan minyak goreng.

“Sedekah pangan ini dapat dipelopori mulai dari individu, komunitas, koperasi, bahkan jemaah masjid. Masyarakat dapat menginisiasi Lumbung Sedekah Pangan di masjid, kantor, atau pun tempat lainnya sebagai medium pengumpulan sedekah pangan,” jelasnya.

Retno menargetkan Lumbung Sedekah Pangan di Kalsel akan aktif pekan ini dan langsung berkoordinasi ke mitra kerja ACT Kalimantan Selatan. “Sebagai tahap awal, akan dilakukan pemasangan lima posko dan rak. Insyaallah kami akan segera memperbanyak di seluruh Kalsel,” tutupnya.[]