Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan Hadir di Sumbar

Gerakan yang ACT inisiasi untuk mengatasi persoalan pangan umat terus meluas. Di pertengahan Agustus ini, Sumatra Barat ikut melakukannya. Harapannya, gerakan filantropi dari masyarakat untuk masyarakat ini mampu menjadi solusi bagi permasalahan pangan masyarakat prasejahtera.

Salah satu penerima manfaat yang mengambil kebutuhan pangan dari rak Lumbung Sedekah Pangan di Padang. (ACTNews/Dana Kurnia)

ACTNews, PADANG – Terhimpitnya perekonomian sejak pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia Maret lalu, membuat masyarakat di berbagai daerah merasakan dampaknya. Pendapatan mereka menurun di tengah minimnya kesempatan kerja. Perusahaan besar hingga kecil merasakan akibatnya. Sebuah solusi diperlukan, paling tidak untuk saling membantu ke orang-orang di sekitar.

Melihat kondisi ini, ACT pada Rabu (12/8) lalu meluncurkan Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan untuk wilayah Sumatra Barat. Peluncuran ini merupakan perluasan dari kegiatan serupa yang dilakukan di Kabupaten Bogor beberapa hari sebelumnya oleh ACT Pusat. Dengan adanya gerakan ini diharapkan mampu menyadarkan masyarakat untuk saling membantu sesama, khususnya dalam urusan pangan.

Kepala Cabang ACT Sumatra Barat Zeng Welf mengatakan, gerakan nasional ini merupakan bagian dari aksi kemanusiaan yang melibatkan seluruh elemen masyarakat. Konsepnya, sedekah masyarakat bisa disalurkan melalui Lumbung Sedekah Pangan yang nantinya penerima manfaat pun akan langsung mengambilnya di rak yang sama. “Masuk era kenormalan baru, ekonomi masyarakat pun bukan berarti normal. Yang kami temukan di lapangan banyak warga yang masih mengalami kesulitan, khususnya pemenuhan pangan yang terpengaruh dari kondisi ekonomi,” jelas Zeng.

Di Sumbar, rak-rak sedekah pangan akan hadir di masjid, sekolah, permukiman, perkantoran hingga swalayan. Zeng menambahkan, nantinya tiap 3 hari sekali, tim ACT akan menjemput kedermawanan masyarakat di rak yang lebih banyak pasokan pangannya. Pangan tersebut akan dikirimkan langsung ke penerima manfaat yang membutuhkan.

Acara peluncuran gerakan nasional tersebut dihadiri juga oleh Kepala Dinas Sosial Kota Padang Afriadi, Kepala Dinas Pangan Kota Padang Guswardi, beberapa komunitas serta rekan media. Diharapkan, gerakan ini mampu menjadi solusi pemenuhan pangan masyarakat di tengah pandemi yang belum terlihat meredanya ini.

“Gerakan ini pun sangat bisa diikuti oleh semua masyarakat, tak terbatas wilayah, suku bahkan agama. Para dermawan bisa turut menginisiasi gerakan ini di lingkungan-lingkungan mereka, memberikan sedekah di sejumlah Lumbung Sedekah Pangan yang telah disediakan, mengirimkan sedekah terbaiknya melalui  Indonesia Dermawan atau transfer ke nomor rekening Mandiri Syariah # 1111133553 atas nama Yayasan Aksi Cepat Tanggap,” tambah Zeng.[]