Gerakan Sedekah Pangan Nasional Meluas di Tasikmalaya

Berbagai elemen masyarakat telah merasakan manfaat dari Gerakan Sedekah Pangan Nasional. Kali ini, di Tasikmalaya, mereka yang merasakan ialah penghuni Panti Asuhan An-Nur di Padakembang.

Anak-anak di Panti Asuhan An-Nur terlihat bahagia menerima paket pangan dari ACT. (ACTNews)

ACTNews, TASIKMALAYA Di Tasikmalaya, Gerakan Sedekah Pangan Nasional terus meluaskan kebaikan. Setelah menyasar berbagai kalangan masyarakar, paket pangan ini juga hadir untuk anak-anak yang tinggal di Panti Asuhan An-Nur, Kampung Cidoyang, Cilampunghilir, Padakembang, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (24/3/2021). Di panti yang berdiri sejak tahun 1998 tersebut, tinggal 48 anak yatim dan prasejahtera.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, panti asuhan juga merasakan dampaknya. Biaya operasional mereka sempat mengalami penurunan yang berpengaruh pada kemampuan pemenuhan pangan.

Kondisi ini lah yang kemudian membawa Aksi Cepat Tanggap (ACT) melalui Gerakan Sedekah Pangan Nasional hadir membawa kebutuhan pangan untuk penghuni panti. Pimpinan Yayasan Panti Asuhan An-Nur Burhanuddin merasa senang dengan adanya bantuan pangan. “InsyaAllah sangat membantu memenuhi stok kebutuhan pangan anak-anak di panti,” ungkapnya.

Ada puluhan kilogram Beras Wakaf yang ACT bawa untuk Panti Asuhan An-Nur. Beras tersebut merupakan produk yang berasal dari pengelolaan dana wakaf. Fauzi Rizki Pratama dari tim Program ACT Tasikmalaya, mengatakan, bantuan pangan tersebut bukan yang pertama bagi Panti Asuhan An-Nur.

“Mudah-mudahan dengan bantuan pangan ini bisa membantu kebutuhan pangan panti, khususnya di masa pandemi yang dampaknya turut dirasakan oleh mereka,” jelas Fauzi.

Selain di Panti Asuhan An-Nur, Gerakan Sedekah Pangan Nasional juga telah meluas ke berbagi titik di Tasikmalaya. Setidaknya, sudah ratusan karton Air Minum Wakaf dan nyaris seribu kilogram Beras Wakaf didistribusikan ke 53 titik. Para penerima manfaatnya pun beragam, mulai dari petugas keamanan yang diserahkan paket pangan sebagai bentuk apresiasi hingga warga prasejahtera.

Bantuan pangan yang ACT distribusikan bagi warga lewat Gerakan Sedekah Pangan Nasional merupakan produk dari pengelolaan dana wakaf. Sebut saja Beras Wakaf yang asalnya dari Lumbung Beras Wakaf, sedangkan Air Minum Wakaf merupakan produk Lumbung Air Wakaf yang berjalan dari dana wakaf yang dihimpun melalui Global Wakaf-ACT.[]