Gerakan Sedekah Pangan Ramadhan Hadir untuk Pengungsi di Huntara Cileuksa

Penyintas banjir dan longsor di Desa Cileuksa, Kabupaten Bogor, menjadi salah satu penerima manfaat dari distribusi paket pangan Gerakan Sedekah Pangan Ramadhan, Senin (26/4/2021).

Warga saling membantu membawa paket pangan untuk dibagikan.
Warga saling membantu membawa paket pangan untuk dibagikan. (ACTNews/Reza Mardhani)

ACTNews, KABUPATEN BOGOR – Penyintas banjir dan longsor yang tinggal di huntara Kampung Pasir Eurih, Desa Cileuksa, Kecamatan Sukajaya turut berbahagia Senin (26/4/2021). Masyarakat korban banjir dan longsor pada Januari 2020 itu menerima bantuan Beras Wakaf dan Air Minum Wakaf yang didistribusikan Aksi Cepat Tanggap dari Waqf Distribution Center, Gunung Putri.

“Ada ratusan paket beras yang kita sampaikan kepada para pengungsi. Bantuan pangan ini menjadi wujud empati Sahabat Dermawan atas mereka yang menjlani Ramadan kedua di Huntara,” jelas Yhoko Kuncoro dari Tim Program ACT Bogor Barat.

Menurut asesmen Tim ACT Bogor Barat, saat ini para penerima manfaat banyak yang kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan dan penghasilan. Sebelum bencana, sebagian besar penyintas bekerja sebagai petani dan merawat kebun. Kondisi ini pun melemahkan ekonomi para penyintas.

Rasmah salah seorang penghuni Huntara, bersyukur pada Ramadan ini bisa mendapatkan bantuan pangan. “Mudah-mudahan ada bantuan terus walaupun itu sebulan sekali alhamdulillah juga. Selama Ramadan belum pernah dapat bantuan. Dikasih sama ACT, alhamdulillah. Mudah-mudahan sering berkunjung,” ujar Rasmah.

ACT dalam rangka memasifkan Gerakan Sedekah pangan Ramadhan mendistribusikan ratusan paket Beras Wakaf dan Air Minum Wakaf dari Waqf Distribution Center di Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor. Senin (26/4/2021). Pendistribusian juga didukung sejumlah armada kemanusiaan yang juga mengantarkan bantuan ke seluruh cabang DKI Jakarta, Banten, dan juga Jawa Barat.[]