Gerobak Dermawan Siap Berdayakan Warga Prasejahtera di Malang

Para calon penerima manfaat yang terdaftar dalam program Gerobak Dermawan akan menerima sebuah gerobak untuk menjual produk olahan cokelat menjadi minuman berbagai rasa dengan nama produk “Cokelat Sokelat”.

Gerobak Dermawan Siap Berdayakan Warga Prasejahtera di Malang' photo
Gerobak Dermawan sendiri ditopang dari dana wakaf masyarakat Indonesia. Dengan akad wakaf, maka tidak ada kepemilikan atas Gerobak Dermawan. (ACTNews/Saiful Anam)

ACTNews, MALANG - Melemahnya ekonomi sebagai dampak pandemi corona turut dirasakan warga Malang Raya. Pengangguran meningkat tajam akibat pandemi selama tujuh bulan terakhir. Di Malang, angka kemiskinan mencapai 35 ribu jiwa. Kondisi ini mendorong Global Wakaf-ACT Malang bersama Coach Askan Setiabudi, Pemilik Kedai Motivator, menginisiasi program pemberdayaan ekonomi masyarakat di Malang Raya.

Program tersebut diberi nama Gerobak Dermawan. Para calon penerima manfaat yang terdaftar dalam program ini akan menerima sebuah gerobak untuk menjual produk olahan cokelat menjadi minuman berbagai rasa dengan nama produk “Cokelat Sokelat”. Gerobak Dermawan disediakan oleh Kedai Motivator lengkap beserta dengan peralatan dan kebutuhan penjualan, seperti bahan dasar cokelat, blender, gelas, dan alat pemasaran.

Gerobak Dermawan sendiri ditopang dari dana wakaf masyarakat Indonesia. Dengan akad wakaf, maka tidak ada kepemilikan atas Gerobak Dermawan. Akan tetapi, calon penerima manfaat bisa mengelola dan menjual semua penjualan produk pada Gerobak Dermawan yang sudah disediakan. “Nantinya penerima manfaat mendapatkan hak menggunakan gerobak ini, menjalankan usahanya sehingga memiliki pendapatan dari berjualan,” ucap Askan Setiabudi, Kamis (15/10).

Penerima manfaat dari program Gerobak Dermawan ini adalah warga yang sangat membutuhkan, khususnya kepada masyarakat yang belum memiliki pendapatan untuk pemenuhan kebutuhan dasar mereka. Harapannya penerima manfaat yang mendapatkan amanah untuk mengelola Gerobak Dermawan dapat mandiri ekonominya. 

“Sejatinya Gerobak Dermawan ini memang untuk memberdayakan warga yang ekonominya saat ini sangat terdampak pandemi” ucap Kepala Cabang Global Wakaf-ACT Diki Taufik Sidiq.

Selain mendapatkan manfaat ekonomi dari Gerobak Dermawan, calon penerima manfaat juga mendapatkan pelatihan teknik pemasaran, pembinaan spiritual dan pengembangan diri. Dengan demikian, kapasitas dan kemampuannya dapat meningkat. “Kami tidak hanya fokus pada ekonomi saja, tetapi aspek potensi dan kemampuan diri harus ikut ditingkatkan,” tambah Diki.

Bagi masyarakat Indonesia yang ingin berpartisipasi dalam patungan untuk penyediaan Gerobak Dermawan bisa melalui laman Indonesia Dermawan. []


Bagikan

Terpopuler