Gerobak Usaha Jadi Ikhtiar Pulihkan Ekonomi Misnan Pascabencana

Misnan (44) sempat tak dapat berjualan karena gerobak yang ia gunakan untuk berjualan, beserta rumah yang ia tinggali, rusak parah.

pedagang semeru
Diharapkan dengan bantuan pemberdayaan, dapat mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat terdampak. (ACTNews)

ACTNews, KABUPATEN LUMAJANG – Sehari-hari Misman (43) mendorong gerobak baksonya berkeliling. Warga Dusun Curah Kobokan, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang ini, cukup ulet dalam berusaha. Hasil berjualan selama ini, ia kumpulkan untuk membangun rumah dan memenuhi kebutuhan hidup.

Namun beberapa waktu lalu, bencana dari erupsi Gunung Semeru, turut menyapu tempat tinggal Misman. Ia tak sempat menyelamatkan apapun lagi saat itu. “Saya segera menyelamatkan diri, enggak lagi perduli dengan rumah dan barang,” ujar Misman pada Selasa (4/1/2022).

Ia bersyukur dapat selamat, walau rumah tersebut tak dapat lagi ia tempati. Tidak hanya rumah, Misman juga menemukan gerobaknya yang turut rusak akibat bencana tersebut, sehingga untuk sementara waktu ia tak dapat berjualan.


Global Wakaf-ACT membantu kesulitan Misman ini lewat program Wakaf Usaha Produktif, dengan memberikan dia satu unit gerobak baru. Lewat program-program pemberdayaan dari Global Wakaf-ACT, harapannya dapat mempercepat pemulihan ekonomi Misman maupun para penerima manfaat lain yang terdampak.

"Insyaallah, gerobak ini saya akan gunakan untuk berjualan bakso kembali. Mudah-mudahan bisa menyambung hidup saya," ujar Misman menampakkan senyum ketika menerima gerobak tersebut. []