Gerobak Wakaf Bersamai Semangat Salamah Cari Nafkah

Global Wakaf-ACT memberikan bantuan Gerobak Wakaf untuk Salamah (69) berjualan. Gerobak ini diharapkan memudahkan Salamah berjualan camilan dan kue-kue kecil yang telah ia lakoni selama 20 tahun.

bantuan umkm semeru
Serah terima Gerobak Wakaf untuk Salamah pada Senin (10/1/2022) lalu. (ACTNews)

ACTNews, KABUPATEN LUMAJANG – Global Wakaf-ACT kembali memberikan bantuan untuk UMKM yang membutuhkan, melalui program Wakaf Usaha Produktif. Sebuah Gerobak Wakaf diberikan kepada Salamah (69), seorang pedagang yang tinggal di Dusun Watu Kandang, Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. 

Di usia senja, semangat Salamah mencari nafkah masih besar. Sebuah meja kayu telah menemaninya mencari nafkah selama dua puluh tahun ke belakang. Di meja sederhana tersebut, tersedia makanan kecil seperti cilok dan aneka kue basah. “Hasil yang didapatkan tidak banyak, tapi alhamdulillah cukup untuk makan dan biaya anak-anak sekolah,” terang Salamah pada Senin (10/1/2022).

Saat ini hanya usia yang membatasi aktivitas Salamah, sebab ia menderita penyakit reumatik. Penyakit itu agak membatasi gerakan ibu tunggal dari dua orang anak ini ketika berjalan. “Sudah lama ini sakitnya, Mas. Penyakit sudah tua," jawabnya ketika ditanyakan menyoal penyakit yang ia derita.


Salamah tambak senang ketika bantuan berupa Gerobak Wakaf itu datang untuk dia. Terutama setelah erupsi seperti sekarang, di mana perekonomian di sekitar wilayah bencana belum sepenuhnya pulih seperti sediakala. "Semoga berkah rombong (gerobak)nya, pak. Terima kasih," ucap Salamah.

Wakaf Usaha Produktif terus berikhtiar mendorong pemulihan ekonomi masyarakat di sekitar wilayah terdampak, baik secara langsung maupun tidak langsung dari erupsi Gunung Semeru. Global Wakaf-ACT menargetkan 1.000 UMKM yang akan terbantu melalui program ini. []