Gerobak Wakaf Siap Bantu Pemulihan Puluhan UMKM di Kaki Semeru

Sebanyak tiga puluh Gerobak Wakaf segera rampung untuk didistribusikan kepada para UMKM yang terdampak erupsi Gunung Semeru.

bantuan umkm semeru
Dalam program ini, Global Wakaf-ACT menargetkan akan ada 1.000 Gerobak Wakaf yang didistribusikan. (ACTNews)

ACTNews, KOTA DEPOK – Pemulihan pascabencana erupsi Gunung Semeru terus berjalan. Berbagai sektor kehidupan masyarakat mulai dimaksimalkan kembali, seperti ekonomi salah satunya. Global Wakaf-ACT turut membantu ikhtiar ini melalui berbagai program, salah satunya Wakaf Usaha Produktif.

Pada pekan ini, sebanyak tiga puluh unit Gerobak Wakaf hampir rampung dan akan didistribusikan untuk sejumlah UMKM terdampak di kaki Gunung Semeru. Global Wakaf-ACT memproduksi Gerobak Wakaf ini di Raja Gerobak yang terletak di Kelurahan Limo, Kecamatan Limo, Kota Depok.

“Program bantuan gerobak kali ini kita tujukan untuk para pelaku UMKM yang terdampak erupsi Semeru. Target kami ada 1.000 UMKM yang dapat kita bantu melalui program ini, dan tentu untuk membantu mereka, kita juga membutuhkan bantuan dari para dermawan,” ungkap Febriany Nanci dari Tim Wakaf Usaha Produktif pada Rabu (12/1/2021) kemarin.


Tidak hanya memberikan bantuan aset usaha, dalam Wakaf Usaha Produktif, Global Wakaf-ACT juga akan mendampingi para penerima manfaat. Sehingga selain mendapatkan bantuan dari segi modal, para pelaku usaha juga bisa mendapatkan pengembangan diri untuk usaha mereka ke depan.

“Harapannya dengan pendampingan ini dapat terus mengembangkan usaha mereka. Mudah-mudahan dengan mereka dapat gerobak dan pendampingan usaha ini, mereka dapat scale up dan berdiri di atas kaki mereka sendiri,” ujar Nanci.

Gerobak Wakaf saat ini sedang memasuki tahap akhir produksi, yang diperkirakan akan selesai pada Jumat (14/1/2022) ini. Rencananya kemudian, Gerobak Wakaf akan sampai untuk para penerima manfaat di Gunung Semeru pada Ahad (16/1/2022) nanti. []