Global Qurban Antar Amanah Dermawan ke Tepian Sungai Musi

Setelah tahun lalu tak ada perayaan kurban di Kelurahan Pulokerto, Gandus, Palembang, pada tahun ini Global Qurban-ACT kembali menghadirkan kurban untuk masyarakat di sana. Distribusi menyasar warga prasejahtera yang ada di tepian Sungai Musi tersebut.

kurban sulawesi selatan
Mayoritas warga Pulokerto berprofesi sebagai petani, buruh harian hingga nelayan. (ACTNews/Aditya Marsello)

ACTNews, PALEMBANG – Tercatat hampir 22 ribu hewan kurban ditunaikan dan lebih dari 12 ribu jiwa telah menunaikan kurban melalui Global Qurban. Distribusi kurban pun dilakukan serentak mulai dari hari pertama Iduladha, hingga tiga hari tasyrik di seluruh Indonesia, tak terkecuali di wilayah Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.

Global Qurban-ACT Sumatra Selatan turut hadir menyapa para warga di Kelurahan Pulo Kerto, Gandus, Palembang. Pulau yang berada di antara aliran Sungai Musi ini memiliki luas lebih dari 500 hektar, dengan jumlah penduduk sebanyak 92 kepala keluarga.

“Berdasarkan informasi dari warga sejak tahun lalu dan tahun ini, tak ada satupun penyembelihan hewan kurban di Pulokerto. Global Qurban-ACT pun menjadi satu-satunya penyalur amanah kurban untuk para warga di pulau ini. Sekitar 600 daging kurban yang kami distribusikan untuk masyarakat,” ujar Diwadia sebagai Kepala Cabang ACT Sumatra Selatan pada Selasa (20/7/2021) lalu.


Ada 600 paket daging kurban yang didistribusikan di Kelurahan Pulokerto. (ACTNews/Aditya Marsello)

Mayoritas warga Pulokerto berprofesi sebagai petani, buruh harian hingga nelayan. Penghasilan sehari-hari yang tak tentu, ditambah kondisi pandemi yang kian hari tak kunjung usai, membuat warga kesulitan memenuhi kebutuhan ekonomi.

“Kami berharap nikmatnya daging kurban itu tak hanya dirasakan warga prasejahtera di perkotaan, namun juga dapat dirasakan oleh warga yang ada di tepian Sungai Musi yang jarang mengkonsumsi daging,” kata Diwadia.


Warga pun bersyukur dengan hadirnya kurban di wilayah mereka, Agus salah satunya. “Alhamdulillah tahun ini biso dapat daging kurban. Terimo kasih untuk Global Qurban-ACT sudah datang jauh-jauh ke sini. Semoga setiap kebaikannyo dibalas Allah,” ujarnya.

Tak hanya Pulokerto, Global Qurban-ACT juga mendistribusikan sebanyak 8 ekor sapi dan 5 ekor kambing atau setara dengan 1.375 paket daging qurban kepada warga prasejahtera yang ada di beberapa wilayah Palembang. Seperti Desa Air Itam, Desa Pupuy, Pulau Borang, Pulau Salah Nama, TPA Sukawinatan, Kenten Laut hingga ke Banyuasin dan Pali. Bekerja sama dengan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di Kota Palembang, Global Qurban-ACT melaksanakan proses pemotongan hingga pengemasan di tempat yang sama dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,  demi mencegah laju penyebaran pandemi. []