Global Qurban dan Juleha Kampanyekan Penyembelihan Hewan Kurban Sesuai Syariat

Menjelang Iduladha, Global Qurban - ACT Jawa Timur menggandeng komunitas Juru Sembelih Halal Indonesia. Kolaborasi tersebut bertujuan menyiarkan pemotongan hewan kurban sesuai syariat.

Global Qurban dan Juleha Kampanyekan Penyembelihan Hewan Kurban Sesuai Syariat' photo
Pengurus Juleha Hanief Adzhar mempresentasikan penyembelihan hewan kurban sesuai syariat. (ACTNews/Andri Rahmat Putra)

ACTNews, SURABAYA – Global Qurban - ACT Jawa Timur menggandeng komunitas Juru Sembelih Halal Indonesia (Juleha) untuk mengedukasi penyembelihan hewan kurban sesuai syariat Islam, Jumat (19/6). Melalui kolaborasi ini, diharapkan penyembelihan hewan kurban di Global Qurban - ACT Jawa Timur dilaksanakan dengan baik, benar, dan sesuai tuntunan syariat Islam.

Pengurus Juleha Hanief Adzhar (40) menyatakan keprihatinannya atas sejumlah jagal yang tidak memahami cara menyembelih hewan dengan benar. Menurut Hanief, pemotongan hewan yang tidak tepat berpengaruh kepada kualitas daging.

“Salah satunya, kasihan hewan harus merasakan sakit yang luar biasa lantaran cara penyembelihan yang salah, misal memakai pisau tidak tajam, atau menyembelih hewan menggunakan gergaji,” kata Hanief.

Kepala Cabang Global Qurban - ACT Jawa Timur Ponco Sri Arianto mengatakan, bekerja sama dengan Juleha, pemahaman penyembelihan hewan kurban yang sesuai syariat akan disosialisasikan ke berbagai petugas juru sembelih. “Salah satunya pengurus masjid yang kerap menjadi penyembelih hewan kurban saat Iduladha. Insyaallah kami akan bersinergi menyampaikan cara menyembelih hewan dengan halal dan baik sesuai dengan tuntunan syariat Islam,” kata Ponco.

Juleha merupakan komunitas yang berfokus memberikan edukasi kepada masyarakat perihal cara menyembelih hewan sesuai syariat Islam. Selain halal dan memuliakan hewan kurban, komunitas Juleha berharap, daging yang disembelih dengan cara baik akan berkualitas baik juga.[]

Bagikan