Global Qurban dan Korps Brimob Perkuat Kebersamaan Bangsa Lewat Kurban

Kolaborasi Global Qurban-ACT bersama Korps Brimob dalam pendistribusian hewan kurban merupakan bentuk kepedulian sesama elemen bangsa, bentuk kebersamaan, persatuan dan kesatuan.

Global Qurban dan Korps Brimob Perkuat Kebersamaan Bangsa Lewat Kurban' photo

ACTNews, DEPOK - Sebagai ajang silaturahim serta bentuk kepedulian terhadap sesama elemen bangsa, Global Qurban – Aksi Cepat Tanggap (ACT) berkolaborasi dengan kesatuan operasi khusus Brigade Mobil (Brimob). Penyerahterimaan yang dilakukan pada Jumat (9/8) ini dilakukan secara simbolik melalui penyerahan seekor sapi antara perwakilan Global Qurban - ACT dan Korps Brimob di Markas Komando Korps Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

N. Imam Akbari selaku Senior Vice President ACT mengatakan, penyerahan hewan kurban ini adalah salah satu bentuk kebersamaan, persatuan, dan kesatuan kedua belah pihak di momen Iduladha. Selain itu bagi Imam, ada banyak kesamaan di antara keduanya.

“Karena sama-sama sebagai elemen bangsa, punya panggilan kemanusiaan dan semangat pengorbanan. Dalam momentum Hari Raya Kurban kali ini, semangat pengorbanan itu kita refleksikan melalui hewan kurban,” kata Imam.

Pendapat itu sejalan dengan apa yang diungkapkan Kabag Ops Polri Waris Agono selaku perwakilan dari Korps Brimob. Waris mengatakan ada salah satu motto pengabdian yang dimiliki oleh Korps Brimob.


“Jadi kerja Global Qurban-ACT dalam bidang kemanusiaan, sama dengan kami. Kami punya moto ‘Jiwa Ragaku demi Kemanusiaan’. Dalam hal ini, kami mengutamakan kerja-kerja kemanusiaan untuk masyarakat, baik dalam keadaan bencana, konflik sosial, atau lainnya. Demikian juga saat kami bertugas, kami menjunjung tinggi hak asasi manusia,” ujar Waris.

Hewan kurban yang diserahkan ke Korbs Brimob tersebut, lanjut Waris, akan didistribusikan ke masyarakat sekitar yang membutuhkan. Wilayah yang ditargetkan antara lain Kelurahan Pasir Gunung Selatan dan Kelurahan Tugu. Diperkirakan yang akan menerima daging kurban ini sekitar 3.000 KK, termasuk anak-anak yatim yang ada di emapt yayasan yatim piatu.

Waris berharap, kerja sama antara Korps Brimob dan Global Qurban-ACT tidak hanya berhenti sampai di sini, tapi juga berlanjut di lain hari. Tidak hanya kebencanaan, Waris berharap kerja sama ini juga merambah ke bidang lainnya.

“Baik dalam kegiatan-kegiatan sosial kemanusiaan, mungkin dalam pelatihannya misalnya. Demikian juga dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, baik di Korps Brimob, di ACT, maupun di masyarakat umum,” jelas Waris.

Demikian juga Imam yang berharap kerja sama ini tidak berhenti sampai di sini. Kerja sama ini bagi Imam tidak hanya lebih dari berbagi sekerat daging, tetapi lebih dari itu. Menurutnya, kerja sama ini adalah membagi kebersamaan untuk saudara sebangsa di hari kurban.

“Kita bisa sama-sama menikmati kebahagiaan di Iduladha, tidak hanya sekadar seolah-olah kita berbagi sekerat daging. Di sini esensinya adalah bagaimana kebersamaan, persatuan, ukhuwah islamiyah dan ukhuwah wathaniyah bisa terbangun di antara elemen bangsa. Dan ini insyaallah akan jadi modal sosial yang luar biasa untuk pembangunan dan perjalanan bangsa ke depan,” pungkas Imam.

Kerja sama antara ACT dan Korps Brimob ini bukanlah yang pertama. Pada insiden yang terjadi di Mako Brimob tahun 2018 lalu, ACT turut memberikan bantuan kepada keluarga dan korban yang terdampak. Selain itu beberapa program juga diadakan dengan kerja sama para abdi negara ini. Termasuk program Masyarakat Penjaga Tepian Negeri bantuan pangan di pelosok negeri di titik-titik perbatasan yang bekerja sama dengan aparat keamanan baik TNI maupun POLRI. [] 

Bagikan

Terpopuler