Global Wakaf-ACT Kembali Bangun Sumur Wakaf di Pelosok Pantura

Selain untuk kebutuhan ibadah, kehadiran Sumur Wakaf Musala ini juga akan digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan air masyarakat sekitar.

sumur wakaf tegal
Selai Sumur Wakaf dan fasilitas MCK, Global Wakaf juga membagikan perlengkapan kebersihan untuk membiasakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). (ACTNews)

ACTNews, TEGAL – Setelah puluhan tahun berdiri, baru kali ini Musala Baitur Rahim di Desa Sidamulya, Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal, memiliki sumur. Satu unit Sumur Wakaf, tandon air, dan fasilitas kamar mandi lengkap dengan toilet, serta dilengkapi beberapa keran untuk berwudu telah siap digunakan. Selain untuk kebutuhan ibadah, kehadiran Sumur Wakaf Musala  juga akan digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan air rumah tangga warga sekitar.

Desa Sidamulya merupakan daerah kering, sehingga membutuhkan tak sedikit biaya untuk membangun sebuah sumur katogori dalam. Namun begitu, Global Wakaf-ACT tetap mengikhtiarkan Sumur Wakaf ke-8 di Tegal ini dibangun dengan kedalaman 61 meter, supaya menghasilkan air yang banyak serta jernih.

Bahrul Ulum sebagai takmir musala mengaku terkejut dengan hadirnya bantuan ini. Sebab bantuan datang secara cepat. “Tanpa perlu repot-repot mengajukan proposal, tiba-tiba Tim Global Wakaf-ACT datang mau membantu,” ucapnya pada peresmian Sumur Wakaf, Rabu (9/6/2021) lalu. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada tim serta Lurah Sidamulya yang mempermudah proses pembangunan.


Bahrul juga berharap ke depannya tim dapat terus membersamai mereka. Terutama karena ada rencana pembangunan musala dua bulan mendatang. “Karena seperti yang dilihat sekarang keadaan kamar mandinya sudah bagus, musalanya seperti itu (kurang layak). Lebih bagus kamar mandinya daripada musalanya. Jadi untuk itu, segenap jajaran panitia memohon dukungan dalam pelaksanaan renovasi musala ini," tambah Bahrul.

Sementara itu Kepala Cabang ACT Tegal Siswartono berharap dapat meluaskan lagi manfaat kedermawanan masyarakat yang disalurkan melalui Global Wakaf-ACT. “Kami mohon doa dari bapak-bapak dan ibu-ibu, semoga kami bisa amanah untuk menyalurkan kedermawanan ini ke depannya. Sehingga kemanfaatannya bisa membawa keberkahan, seperti yang kita lihat hari ini. Semoga juga Musala Baitur Rahim bisa semakin makmur keberadaannya,” harapnya.

Selain meresmikan Sumur Wakaf, Global Wakaf-ACT Tegal di hari itu juga mengajak seluruh masyarakat untuk menyukseskan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Acara ini merupakan implementasi produk dari Palmolive dan Collgate yang dibagikan kepada masyarakat secara gratis. Selain itu juga dilakukan penanaman bibit pohon jambu air secara simbolis.[]