Global Wakaf-ACT Suplai Air Bersih untuk Perkebunan Desa Suro di Banyumas

Salah satu potensi Dusun Gabahan, Desa Suro, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Banyumas, adalah pertanian dan pekebunan. Namun, warga setempat kekurangan air bersih untuk memproduktifkan lahan mereka karena kekurangan air bersih.

Salah seorang warga memanfaatkan air dari Sumur Wakaf Pertanian yang baru saja rampung di Dusun Gabahan. (ACTNews)
Salah seorang warga memanfaatkan air dari Sumur Wakaf Pertanian yang baru saja rampung di Dusun Gabahan. (ACTNews)

ACTNews, BANYUMAS –  Global Wakaf – ACT membangun satu unit Sumur Wakaf Pertanian untuk warga di Dusun Gabahan, Desa Suro, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas, pada pertengahan Maret lalu. Sumur Wakaf Pertanian tersebut rampung pada Selasa (6/4/2021) lalu.

Warga kesulitan air untuk mengairi lahan pertanian. Mereka tidak punya irigasi padahal salah satu potensi serta sumber ekonomi warga adalah pertanian dan perkebunan.

“Ada lebih dari 150 jiwa yang kami targetkan menjadi penerima manfaat. Mengingat kekeringan yang mendampak cukup luas, maka kami juga berharap selain bermanfaat untuk pertanian, Sumur Wakaf ini juga dapat bermanfaat bagi kebutuhan lainnya,” ujar Nurul Ramadhan dari Tim Global Wakaf-ACT.


Memasuki musim kemarau, sumur galian dangkal milik warga di Dusun Gabahan, mengalami kekeringan. Warga benar-benar kehabisan air. Warga biasanya hanya menunggu bantuan dropping air. Jika ingin ke sumber air harus berjalan tiga kilometer dengan dipanggul.

Sugeng seorang warga, merasa senang dengan kehadiran Sumur Wakaf. Ia kini tak perlu kebingunan lagi mencari sumber air bersih ketika kemarau tiba. “Kami suangat seneng. Kami tidak bisa membalas jasa bapak-ibu (wakif) semua. Namun kami punya doa, semoga bantuan ini akan dibalas oleh Allah SWT dengan surganya kelak di akhirat,” ucap Sugeng.[]