Global Wakaf Segera Hadirkan Lumbung Ternak Wakaf Pertama di Kalimantan Selatan

Lumbung Ternak Wakaf pertama di Kalimantan Selatan ini, rencananya akan dibangun bersama kolaborasi dengan pengembang kaveling syariah, Tahfidz Land Banjar.

lumbung ternak wakaf
Tim ACT Kalsel dan pihak pengembang telah melakukan asesmen awal di titik lokasi tanah wakaf di Desa Pulau Nyiur, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar.

ACTNews, KABUPATEN BANJAR – Potensi wakaf di Kalimantan Selatan (Kalsel) masih cukup bagus. Selain untuk keperluan pendidikan hingga ibadah melalui pembangunan pondok pesantren dan masjid, wakaf juga sangat berpeluang untuk menjadi wadah perputaran roda ekonomi masyarakat.

Berangkat dari potensi tersebut, Global Wakaf-ACT Kalsel mulai membidik kehadiran wakaf sebagai sentra ekonomi. Melalui kolaborasi dengan pengembang kaveling Syariah, yakni Tahfidz Land Banjar, potensi ini akan diwujudkan lewat program Lumbung Ternak Wakaf.

Tim ACT Kalsel dan pihak pengembang telah melakukan asesmen awal di titik lokasi tanah wakaf di Desa Pulau Nyiur, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar pada Rabu (15/12/2021) siang. Lokasinya berada di kaki Pegunungan Meratus.

Kepala Cabang ACT Kalsel Zainal Arifin saat berada di lokasi mengatakan, Lumbung Ternak Wakaf yang akan dibangun di Tahfidz Land Banjar ini memiliki luas sebesar satu hektare. Lahan wakaf yang akan digunakan, juga merupakan wakaf dari pihak pengembang syariah kenamaan ini.


“Insyaallah ini merupakan tahap pertama. Jadi akan kita kelola Lumbung Ternak Wakaf ini, untuk menyediakan hewan-hewan kurban dan daging yang berkualitas untuk masyarakat Kalsel,” tutur Zainal yang didampingi oleh Tim Lapangan Tahfidz Land Banjar, Azhar.

Berada di kaki Pegunungan Meratus, Tahfidz Land Banjar akan dibangun sebuah kawasan wisata religi. Rencana pembangunan Lumbung Ternak Wakaf ini, diharapkan akan menambah kebermanfaatan dari kehadiran Tahfdiz Land Banjar di tengah-tengah masyarakat Kalsel.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Tahfidz Land Banjar yang telah mengamanahkan tanahnya untuk dibangun lumbung ternak wakaf. Jadi, mohon doa dan dukungan sehingga dapat menghadirkan manfaat untuk masyarakat,” harap Zainal.

Sementara itu, Tim Lapangan Tahfidz Land Banjar, Azhar menambahkan, pengembang syariah Tahfidz Land Banjar menyambut baik kehadiran tim ACT Kalsel ke lokasi tanah wakaf yang akan dibangun Lumbung Ternak Wakaf ini. “Mudah-mudahan rencana kedepan bisa berjalan dengan lancar, dan mendapat dukungan dari masyarakat luas,” tuntas Azhar. []