Global Wakaf Wujudkan Harapan Jamaah Masjid di Kepulauan Mentawai

Sejak awal berdiri, kondisi Masjid Ar-Rahman tidak pernah memiliki akses air bersih dan fasilitas MCK, hal ini seringkali dikeluhkan jamaah saat hendak beribadah.

Proses pembangunan Sumur Wakaf di Masjid Ar-Rahman Kecamatan Siberut Barat, Kepulauan Mentawai. (ACTNews)

ACTNews, KEPULAUAN MENTAWAI – Problematika dasar jamaah Masjid Ar-Rahman di Dusun Betaet, Desa Simalegi, Kecamatan Siberut Barat, Kepulauan Mentawai adalah tidak adanya akses air bersih yang memadai. Terlebih, kondisi Kecamatan Siberut Barat merupakan salah satu pulau terluar.

Sejak awal berdiri, kondisi Masjid Ar-Rahman tidak pernah memiliki akses air bersih dan fasilitas MCK, hal ini seringkali dikeluhkan jamaah saat hendak beribadah.

Muhammad Roosli Silalahi dari Tim Global Wakaf-ACT Padang menjelaskan, tidak adanya akses air bersih untuk berwudu dan fasilitas MCK cukup menjadi tantangan jemaah Masjid Ar Rahman dalam beribadah.

“Jemaah seringkali mereka harus bolak-balik dari rumah ke masjid. Jumlah kepala keluarga muslim di sini semakin banyak atau sekitar 100 jiwa, semangat beribadah mereka ke masjid tidak didukung dengan fasilitas yang memadai. Sebagai saudara sesama muslim, kita tergerak untuk membantu,” ungkapnya  Kamis (24/6/2021).

Tak cukup hanya berniat membantu, tim Global Wakaf ACT harus berjibaku dengan berbagai tantangan dalam pembangunan Sumur Wakaf Masjid Ar-Rahman ini. Namun, langkah ini tak menyurutkan tim Aksi Cepat Tanggap untuk selalu berikhtiar dan bahu-membahu demi terwujudnya kenyamanan jamaah masjid Ar-Rahman dalam beribadah.

“Pembangunan Sumur Wakaf Masjid Ar-Rahman ini tidaklah mudah. Kami harus membawa bahan bangunan dari Kota Padang karena tidak adanya toko bahan bahan bangunan di sini, terjangan ombak dan jarangnya kapal bersandar di pulau ini membuat kami membutuhkan waktu beberapa minggu untuk pengiriman bahan bangunan saja,” ungkap Roosli.

Manfaat bantuan Sumur Wakaf dari Sahabat Dermawan ini langsung direspons baik oleh masyarakat Dusun Betaet. Masyarakat setempat sangat bersyukur atas kepedulian Global Wakaf ACT, yang mana menjangkau hingga ke pelosok negeri.[]