GlobalGiving Gandeng ACT Dukung Masyarakat Terdampak Pandemi di Gunungkidul

Global Giving turut peduli terhadap masyarakat prasejahtera terdampak pandemi di Indonesia. Menggandeng Aksi Cepat Tanggap, bantuan langsung berupa paket pangan dibagikan ke sejumlah daerah, salah satunya di Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

Bantuan paket pangan Global Giving diterima salah satu lansia di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (ACTNews)

ACTNews, GUNUNGKIDULGlobalGiving, lembaga kemanusiaan asal Amerika Serikat, menggandeng Aksi Cepat Tanggap Daerah Istimewa Yogyakarta memberikan bantuan langsung kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19 di Kecamatan Ngawen dan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, sekitar 40 kilometer dari Kota Yogyakarta. Sebanyak 205 jiwa menerima bantuan pangan yang didistribusikan awal November 2020 lalu.

Penerima bantuan pangan ini adalah lansia yang mencari nafkah sebagai petani, mereka yang tidak bekerja karena PHK, serta keluarga dengan anak difabel atau tidak punya anggota keluarga lagi. Bantuan pangan yang terdiri dari bahan makanan pokok, seperti beras, minyak, gula, teh, itu diantarkan langsung ke rumah-rumah warga.

Tukinah, salah satu warga Desa Pudak, Tepus, merupakan lansia yang hidup seorang diri. Ia mengelola sebidang tanah untuk menanam sayur dan mencukupi kebutuhan sehari-hari. “Alhamdulillah, matur suwun sanget. Terima kasih banyak,” kata Turkinah.

Kharis Pradana dari Tim Program ACT Yogyakarta menjelaskan, dalam mendistribusikan bantuan pangan, relawan Masyarakat Relawan Indonesia Yogyakarta telah melakukan asesmen. “Distribusi ini bertujuan membantu masyarakat terdampak pandemi, terlebih lansia, di antara mereka bahkan ada yang mulai sakit-sakitan. Bantuan paket pangan ini menandakan, bahwa masih ada pihak yang peduli,” kata Kharis.[]