GlobalGiving Hadir untuk Masyarakat Riau Terdampak Pandemi

Bantuan pangan GlobalGiving juga hadir untuk masyarakat Riau. Para penerima manfaat antara lain hadir dari Kabupaten Bengkalis dan Rokan Hilir.

Relawan MRI Duri mengantarkan bantuan ke keluarga prasejahtera di Kabupaten Rokan Hilir. (ACTNews)

ACTNews, ROKAN HILIR – Aisyah (60), salah satu warga di Desa Panipahan, Kecamatan Pasir Limau, Kabupaten Rokan Hilir. Sudah beberapa tahun mengalami lumpuh. Ia tinggal seorang diri di gubuk tua. Kondisi rumahnya juga dimakan usia, di suatu hari hujan atap rumah pun bocor karena sudah lapuk. 

Keadaan Aisyah diketahui tim Aksi Cepat Tanggap Duri saat mengantarkan bantuan pangan dukungan Global Giving medio November 2020 lalu. Aisyah menjadi salah satu dari 200 penerima manfaat bantuan pangan yang dibagikan GlobalGiving di Provinsi Riau.

Koordinator Program ACT Duri Syahru Ramadhan menerangkan, bantuan pangan banyak ditujukan kepada lansia perempuan yang telah hidup sendiri dan prasejahtera. “Di tengah pandemi ini, ikhtiar kami membantu para lansia karena mereka sebelumnya juga tidak memiliki penghasilan untuk hidup sehari-hari. Di sisi lain, jika masih ada keluarga yang pernah bekerja, mereka saat pandemi terkena PHK,” jelas Syahru.

Selain di Kabupaten Rokan Hilir, ACT Duri juga mengantarkan bantuan pangan ke Desa Pangkalan Pinang di Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis. Desa yang terletak di Pulau Rupat itu perlu ditempuh menggunakan kapal cepat. Butuh kurang lebih tujuh jam perjalan darat dan laut mencapai titik distribusi.

GlobalGiving merupakan lembaga nonprofit yang mendukung lembaga nonprofit lainnya dengan menghubungkan mereka ke donatur dan perusahaan. Sejak 2002, GlobalGiving telah membantu organisasi terpercaya yang dipimpin komunitas dari Afghanistan hingga Zimbabwe dalam mengakses alat, pelatihan, dan dukungan yang mereka butuhkan untuk menjadikan dunia lebih baik.[]