Gotong-Royong Dermawan Tasikmalaya, Hadirkan Masjid Layak di Desa Wandasari

Masyarakat Kampung Pasirnaga, Desa Wandasari, Kecamatan Bojonggambir, Kabupaten Tasikmalaya, meresmikan bangunan baru Masjid Al Falah pada Rabu (19/1/2022) lalu. Masjid yang sebelumnya sempit dan minim fasilitas, kini lebih layak digunakan untuk salat dan berbagai kegiatan keagamaan.

bantuan pembangunan masjid
Sekarang masyarakat bisa dengan leluasa dan nyaman dalam menjalankan segala bentuk aktivitas ibadah dan belajar di Masjid Al Falah. (ACTNews)

ACTNews, KABUPATEN TASIKMALAYA – Masjid Al Falah kini tampak lebih layak dan kokoh sebagai sebuah tempat peribadatan dan sarana belajar ilmu agama. Perasaan bahagia masyarakat Kampung Pasirnaga, Desa Wandasari, Kecamatan Bojonggambir, Kabupaten Tasikmalaya, itu tampak dalam peresmian masjid tersebut pada Rabu (19/1/2022) lalu.

Sebelumnya ketika masyarakat mesti berdesakan ketika salat berjemaah di Masjid Al Falah. Tembok pun terbuat dari anyaman bambu yang ditopang tiang dari kayu. Mereka sebenarnya sudah mengikhtiarkan pembangunan masjid berukuran 4 x 5,5 meter tersebut, namun pembangunan kala itu sulit terselesaikan.

Aksi Cepat Tanggap (ACT) kemudian membantu pembangunan Masjid Al Falah. Selain itu ada YBM PLN UP3 Tasikmalaya, DKM Bea Cukai Tasikmalaya, Socia Boutique dan dermawan lain yang turut andil dan mengambil peran dalam pembangunan masjid ini. Sekarang mereka bisa dengan leluasa dan nyaman dalam menjalankan segala bentuk aktivitas ibadah dan belajar. Kelengkapan MCK dan tempat wudu yang layak pun, melengkapi kehadiran bangunan masjid.


Kondisi Masjid Al Falah sebelum direnovasi. (ACTNews/Rimayanti)

Pramono Budi Prakoso sebagai Deputy Branch Manager BTN Syariah Tasikmalaya yang merupakan salah satu mitra dalam pembangunan ini, menyampaikan kesan baik. “Saya mengucapkan terima kasih karena ACT sudah sangat tepat menunjukan masjid yang sama-sama perlu kita bangun. Insyaallah kolaborasi ini melahirkan banyak manfaat untuk semuaya,” ungkapnya.

Een salah satu warga yang mewakafkan tanah untuk Masjid Al Falah ini menyampaikan rasa haru dan bahagia. Karena mimpinya untuk membangun masjid yang layak bersama masyarakat setempat telah terwujud.


“Bisa dibayangkan, dahulu kalau mau salat harus berdesakan, apalagi kalau bulan Ramadan. Sebagian jemaah harus ke tempat lain karena enggak muat. Sekarang masjidnya udah tembok, permanen dan luas, insyaallah bisa menampung jumlah jemaah,” jelas Een.

M Fauzi Ridwan dari Tim program ACT Tasikmalaya, memberikan apresiasinya kepada seluruh mitra yang terlibat. “Alhamdulillah luar biasa berkat rahmat Allah SWT dan ikhtiar bergotong-royong ini, terwujud masjid yang layak bagi warga Pasir Nagara. Terima kasih kepada seluruh mitra dermawan yang terlibat, semoga Allah catat sebagai amal baik untuk kita semua,” harap Fauzi. []