Guru Honorer di Ciamis Kolektif Sedekah Harian untuk Program Kemanusiaan

Program Sahabat Guru Indonesia menginspirasi guru-guru honorer di Ciamis untuk ikut berpartisipasi dalam aksi kemanusiaan. Para guru menyisihkan penghasilannya untuk melakukan sedekah harian. Mereka menjadi contoh untuk para siswa.

guru honorer ciamis
Salah satu guru honorer di Ciamis, Emul Mulyadi, menunjukkan celengan sedekah harian. (ACTNews)

ACTNews, CIAMIS – “Kalaulah saat ini kita menjadi penerima manfaat, maka saat itu juga kita harus berperan sebagai pemberi manfaat”. Begitulah prinsip guru-guru honorer di Ciamis usai menerima bantuan biaya hidup dari Global Zakat-ACT, Kamis (14/10/021). 

Andra Rian dari tim ACT Ciamis mengatakan, para guru honorer bertekad ikut bergerak dalam dunia kemanusiaan. Mereka merutinkan sedekah harian di sekolahnya. Nantinya hasil yang terkumpul akan digunakan untuk membantu aksi-aksi kemanusiaan yang disalurkan melalui ACT.

“Alhamdulillah banyak yang tergerak. Setiap guru honorer di sekolah yang menerima program ini, berkomitmen untuk melakukan sedekah harian untuk program kemanusiaan di sekolahnya. Bahkan beberapa penerima manfaat yang mempunyai pekerjaan sampingan bersedia menyimpan celengan kemanusiaan di tempat usahanya,” ujar Andra.

Salah satu penerima manfaat yang tergerak untuk berperan sebagai pemberi manfaat adalah Emul Mulyadi. Usai mengajar di sekolah, Emul menjadi pengemudi ojek.

“Memang tidak seberapa (jumlahnya). Namun, inilah (sedekah harian) yang bisa saya lakukan untuk ikut berperan dalam aksi kemanusiaan. Mudah-mudahan, menjadi jalan mendapat keberkahan,” katanya.

 


Emul menaiki sepeda motor miliknya yang digunakan untuk ngojek. (ACTNews)

Selain Emul, Hana Musobihah guru honorer di Ciamis juga melakukan hal yang sama. Ia mengajak siswa dan para santri yang mengaji padanya agar menyisihkan uang jajan untuk dimasukkan ke dalam celengan sedekah harian. 

“Saya yakin, selain saya, banyak guru honorer yang lain juga memerlukan bantuan. Saya berharap siswa dan santri juga belajar menjadi dermawan sejak dini,” ungkapnya. 

Program Sahabat Guru Indonesia merupakan aksi kemanusiaan Global Zakat-ACT untuk membantu para guru honorer yang masih pra sejahtera. Sebagaimana diketahui, masih banyak guru honorer menerima gaji di bawah upah layak.[]