Hadiah Awal Ramadan untuk Lansia di Balikpapan

Tinggal di panti jompo, membuat lansia di Balikpapan tak sepenuhnya mendapatkan perhatian. Mereka jauh dari keluarga dan membutuhkan bantuan.

Salah satu lansia di Balikpapan yang mendapatkan bantuan dari ACT. (ACTNews)

ACTNews, BALIKPAPAN – Masuk bulan Ramadan, selain pemenuhan kebutuhan pokok untuk masyarakat prasejahtera, Aksi Cepat Tanggap (ACT) juga berikhtiar dampingi lansia. Salah satunya ialah lansia yang tinggal di Panti Jompo Bhakti Abadi, Balikpapan. Menghabiskan masa tua dan tak tinggal bersama keluarga terdekat menjadi alasan hadirnya bantuan dari dermawan melalui ACT.

Hari kedua Ramadan, atau Kamis (15/4/2021), ACT hadir di Panti Jompo Bhakti Abadi. Bantuan pangan serta perlengkapan tidur baru diserahkan. Sambutan hangat pun datang.

“Bantuan ini sangat membantu kami, khususnya lansia yang sudah tak lagi mampu mengurus diri sendiri, apalagi bekerja,” ungkap Joko Sumitro, Pengurus Panti Jompo Bhakti Abadi.

Joko pun berharap, bantuan serupa dapat hadir bagi lansia-lansia yang ada di luar panti. Pasalnya, hingga hari ini, masih banyak lansia yang hidup ditelantarkan dan tak diurus oleh keluarga dalam keadaan prasejahtera.

Hadirnya bantuan ini merupakan buah kedermawanan masyarakat yang disalurkan melalui ACT. Khaidir dari tim Program ACT Kalimatan Timur mengatakan, bantuan tersebut tak sekadar bentuk nyata kepedulian terhadap lansia. Akan tetapi, juga dalam rangka menyambut hadirnya bulan penuh keberkahan, Ramadan.

“Aksi kebaikan ini kami rencanakan bakal terus berlanjut. Semua orang pun bisa mengambil peran terbaik untuk menghadirkan hadiah untuk lansia,” ajak Khaidir.

Selain di Balikpapan, pendampingan terhadap lansia juga telah sering ACT lakukan. Di Tasikmalaya misalnya. Rumah layak huni ACT bangun sebagai tempat tinggal lansia. Selain itu, peralatan dapur serta bantuan pangan juga diserahkan.[]