Hadiah Ribuan Mushaf Al-Qur’an untuk Muslim Minoritas di Ghana

Bantuan mushaf Al-Qur’an diterima lebih dari 1.300 muslim minoritas di Ghana. Diharapkan, bantuan ini mempermudah muslim di sana untuk mengaji dan memperdalam pengetahuannya tentang Islam.

bantuan al quran ghana
Anak-anak Ghana menerima bantuan Mushaf Al-Qur’an dari tim ACT. (ACTNews)

ACTNews, GHANA – Islam merupakan agama minoritas di Ghana. Dari sekitar 31 juta penduduk negara yang terletak di Afrika Barat tersebut, hanya sekitar 15 persennya yang merupakan seorang muslim. Mayoritas dari mereka menetap di wilayah utara Ghana. Namun, sayangnya aktivitas perekonomian Ghana lebih banyak berada di wilayah selatan. Alhasil, tingkat kemiskinan lebih tinggi berada di wilayah utara.

Hal ini pun turut berdampak kepada muslim di Ghana yang hidup dalam krisis dan sulit untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Termasuk untuk bisa mendapatkan kitab suci Al-Qur’an. Mendapatkan mushaf Al-Qur’an untuk dibaca dan dipelajari pun merupakan hal yang tidak mudah bagi mereka.

Firdaus Guritno dari tim Global Humanity Response-ACT, menjelaskan, muslim di sana harus bergantian dalam menggunakan mushaf Al-Quran. Sebab, jumlah mushaf yang terbatas, satu Al-Qur’an terbiasa digunakan oleh banyak orang secara bergantian. “Meski begitu, semangat muslim di sana untuk beribadah dan mengaji tetap sangat tinggi," ujar Firdaus, Senin (6/12/2021). 

Berangkat dari kondisi ini, ACT memberikan bantuan mushaf Al-Qur’an kepada lebih dari 1.300 muslim Ghana. Distribusi dilakukan di tujuh daerah di Ghana, yaitu Badu, Yeji, Nalerigu, Ahwai, Mamponteng, Old Tafo, dan Maase. Titik ini dipilih karena dianggap merupakan daerah yang memiliki tigkat kemiskinan yang cukup parah.

Tampak anak-anak muslim di sana sangat antusias saat menerima pemberian mushaf Al-Qur’an dari ACT. Begitu diterima, mereka langsung membuka dan membaca kitab tersebut beramai-ramai dengan temannya.

"Bantuan mushaf Al-Qur’an ini dikhususkan pada anak-anak yang mengenyam pendidikan agama di madrasah-madrasah yang ada di Ghana. Diharapkan, dengan bantuan ini, anak-anak akan semangat untuk mengaji, dan memperdalam pengetahuannya tentang Islam," tutur Firdaus.

Bantuan ini pun bukan yang pertama di 2021. Sebelumnya, pada akhir Maret lalu, ACT juga mendistribusikan ratusan mushaf Al-Qur’an untuk murid-murid sekolah Bodomase Islamic School di Ghana. Tidak hanya itu, warga sekitar juga turut menerima bantuan ini.[]