Hadirkan Teras Sedekah, Relawan Rohani Panjaitan Bantu Masyarakat yang Kesulitan

Anggota Masyarakat Relawan Indonesia Rohani Panjaitan menceritakan, program Teras Sedekah hadir sebagai respons dampak pandemi dan PPKM yang membuat masyarakat kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Relawan MRI hadirkan Teras Sedekah
Warga Dusun Macanan tengah mengunjungi Teras Sedekah yang dihadirkan relawan MRI-ACT Rohani Panjaitan. (ACTNews)

ACTNews, KABUPATEN SEMARANG Anggota Masyarakat Relawan Indonesia (MRI)-ACT Kabupaten Semarang Rohani Panjaitan menghadirkan Teras Sedekah di Dusun Macanan, RT 01 RW 05 No.40 Desa Karangtengah, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Teras Sedekah merupakan sarana berbagi dengan konsep swalayan.

Rohani, yang juga merupakan inisiator kehadiran Teras Sedekah, mengatakan, konsep ini hadir merespons dampak pandemi dan PPKM darurat yang membuat masyarakat kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Saya sebagai relawan MRI, dengan kondisi rakyat yang kesulitan begini merasa ‘kok kita enggak bisa berbuat apa-apa ya?”. Nah kita coba membuat satu konsep berbagi tapi 'mengabaikan' birokrasi. Intinya kita berbagi untuk siapa saja yang memang membutuhkan," katanya saat dihubungi ACTNews, Senin (30/8/2021).

Teras Sedekah ini menyediakan berbagai macam kebutuhan pokok, seperti sembako, sandang layak pakai, dan makanan siap saji. Targetnya siapa saja yang membutuhkan. Tidak harus warga Dusun Macanan, melainkan pengunjung atau warga luar Macanan juga boleh datang.

“Program ini kita hadirkan setiap hari Jumat. Beragam makanan siap santap diletakkan di meja, sementara sandang diletakkan di gantungan. Pengunjung mengambil seperti di swalayan. Semuanya gratis," kata Rohani.

Spanduk bertuliskan 'ambil sesuai kebutuhan, agar yang lain kebagian' juga terpampang di Teras Sedekah yang digelar di halaman rumah Rohani. Setiap kali kegiatan ini dilaksanakan, 50 sampai 60 orang datang berkunjung ke rumahnya.

“Jadi dari pagi sampai sore mereka satu persatu bergantian datang. Untuk warga yang sudah sepuh, atau yang sedang sakit, enggak bisa datang, kita tetap sediakan paketan yang diantarkan ke rumah," ucapnya.

Ia pun tak sendirian dalam mengelola Teras Sedekah ini. Selain dibantu suami, Bimo, Rohani turut mengajak ibu-ibu PKK menjadi relawan dalam melaksanakan kegiatan berbagi makanan gratis.

Teras Sedekah ini juga didukung oleh para donatur, seperti salah satu warung makan di Boyolali hingga jemaah masjid Indonesia yang berada di Jerman.[]