Harapan Ibu Enung Miliki Rumah Layak Segera Terwujud

Harapan Ibu Enung dan keluarga di Tasikmalaya untuk memiliki rumah layak huni segera terwujud. Saat ini pembangunan menyisakan pemasangan tiang dan atap.

bangun rumah Ibu enung
Rumah baru Ibu Enung di Tasikmalaya dalam proses pembangunan. (ACTNews/Habib W)

ACTNews, TASIKMALAYA – Sahabat Dermawan, masih ingatkah dengan Ibu Enung yang tinggal di rumah berukuran 3x2 di Desa Leuwibudah, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya meter bersama keempat anaknya? Berkat dukungan Sahabat Dermawan, saat ini impiannya untuk memiliki rumah layak segera terwujud.

Sebelumnya, rumah tempat keluarga ini berteduh merupakan rumah panggung non permanen. Rumah yang lebih mirip dengan gubuk ini kondisinya sudah rapuh termakan usia sehingga membuat air hujan sering masuk melalui dinding dan atap yang bocor. Juga tidak memiliki fasilitas MCK.

Suami Ibu enung telah wafat, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Ibu Enung menjual makanan ringan. Hasil berdagang hanya cukup digunakan untuk kebutuhan harian dan biaya sekolah anak-anaknya. Penghasilan yang pas-pasan, membuat keinginannya untuk memiliki rumah layak huni dipendam dalam-dalam.

Melihat perjuangan dan kondisi Ibu Enung sekeluarga, ACT Tasikmalaya bersama mitra dan Sahabat Dermawan gotong royong membangun rumah Ibu Enung menjadi layak. Pembangunan ini disambut dengan penuh haru oleh Ibu Enung.

“Terimakasih banyak untuk semua yang sudah membantu membangun rumah saya. Enggak pernah menyangka bakal punya rumah layak seperti yang sekarang sedang dibangun. Semoga kebaikan semuanya Allah ganti dengan kebaikan yang lebih banyak lagi,” kata Enung dengan mata berkaca-kaca, Jumat (13/5/2022).


Rumah Enung sebelum direnovasi. (ACTNews)

Menurut Fauzi Ridwan dari tim ACT Tasikmalaya, pembangunan rumah Ibu Enung telah berjalan 14 hari. Pembangunan kini telah mencapai 90 persen.

“Alhamdulillah pembangunan rumah Keluarga Ibu Enung hampir rampung. Bangunan utama sudah berdiri tegak dan sedang dalam pengerjaan pemasangan tiang dan atap. Semoga segera selesai dalam waktu dekat. Terima kasih kepada semua pihak yang sudah bahu membahu untuk membangun rumah Ibu Enung,” Ungkap Fauzi.[]