Harapan Putri atas Kesembuhan Aqilla

Sang ibu berkeyakinan penuh anaknya, Fidelia Aqilla, dapat sembuh total. Ia tak patah arang terus berusaha mengobati kelainan yang diderita anaknya.

Harapan Putri atas Kesembuhan Aqilla' photo

ACTNews, PADANG Fidelia Aqilla (6) kini hanya dapat terbaring lemah di kediamannya di Gang Damai, Jalan Indarung Raya, Padang, Sumatra Barat. Bersama ibunya dan dua kakaknya, Aqilla hidup dalam keterbatasan. Kondisi ini berdampak pada pengobatan Aqilla yang terkendala biaya.

Aqilla divonis mengalami mikrosefalus atau ukuran kepala yang tak senormal anak seusianya. Putri, ibunda Aqilla juga mengatakan anaknya mengalami kelainan otak sehingga perkembangannya terganggu.

Setelah bercerai dari suaminya, Putri harus membesarkan ketiga orang anaknya sendirian, termasuk Aqilla. Mengandalkan usaha dagang sosis dengan penghasilan yang tak menentu, Putri tetap bersemangat mengobati anaknya yang mengalami kelainan kesehatan.

“Sekarang saya jadi tulang punggung keluarga, ketiga anak saya masih butuh dibiayai. Aqillah bahkan butuh perhatian yang lebih,” ungkap Putri kepada tim Mobile Social Rescue (MSR)-ACT, Kamis (11/7).


Sejak Mei 2019 lalu, tim MSR-ACT melakukan pendampingan kepada Aqilla. Penggalangan donasi secara daring melalui Kitabisa.com dilakukan. Dan kini, donasi telah ditutup dengan berhasil mengumpulkan donasi lebih dari Rp 300 juta. Aan Saputra dari tim MSR-ACT Padang mengatakan, donasi yang terkumpul akan digunakan untuk pengobatan Aqilla.

“Selain pengobatan, donasi yang masih tersisa kami manfaatkan untuk perbaikan ekonomi. Keluarga Bu Putri masih dalam prasejahtera perekonomiannya, terlebih ia menjadi orang tua tunggal untuk membesarkan anak-anaknya,” jelasnya.

Di hari Kamis itu, ACT menyerahkan donasi berupa bubur bayi serta popok. Selain mengalami kelainan otak, Aqilla juga mengalami gizi buruk. Pertumbuhan fisiknya kurang baik, tubuhnya juga menjadi kaku. Kondisi Aqilla di Juli ini mengalami perkembangan. Kulitnya mulai membaik setelah mengalami alergi dari obat.

Sebelumnya pada awal Juli lalu, tim MSR-ACT membawa Aqilla ke dokter untuk melakukan pemeriksaan medis. Dokter menyatakan, butuh pengobatan serius dan rutin untuk memastikan perkembangan kesehatan anak ketiga dari Putri ini. Selain itu, asupan gizi serta kontrol rutin sedang dijalani untuk melihat perkembangan kesehatan sebelum mengambil tindakan lebih lanjut.

“Saat ini selain pengobatan medis, Bu Putri dan anak-anaknya termasuk Aqilla membutuhkan tempat tinggal yang layak. Sekarang indekos yang disewanya mengalami kesulitan air bersih serta aliran listrik yang diputus oleh pemilik,” kata Amelia Putri, relawan pendamping Aqilla, Kamis (11/7). []

Bagikan