Harapan Warga Bantaran Ciliwung Jelang Ramadan

Menjelang Ramadan, kebutuhan air bersih di RT 10, RW 01 Kelurahan Gedong diprediksi meningkat. Warga berharap kebutuhan air bersih sudah terpenuhi saat Ramadan nanti.

Anak RT 10, RW 01, Kelurahan Gedong sedang wudhu, Kamis (18/3/2019)
Anak RT 10, RW 01, Kelurahan Gedong sedang wudu, Kamis (18/3/2019). Kebutuhan air bersih saat Ramadan nanti diprediksi meningkat. (ACTNews/Ubaidillah).

ACTNews, JAKARTA TIMUR — Beberapa wilayah Jakarta yang berada di bantaran sungai Ciliwung sering terendam saat musim hujan. Tak hanya itu, ketersediaan air bersih juga minim dan warga sering membeli. Menjelang Ramadan, masalah air bersih di RT 10, RW 01, Kelurahan Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur belum teratasi.

RT 10, RW 01, Kelurahan Gedong berada persis di pinggir Sungai Ciliwung. Sebanyak 80 KK hidup di RT 10 dan mayoritas bekerja sebagai pemulung, sopir, pedagang, dan pengamen. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga memanfaatkan air sumur yang ada. Tetapi volume air yang ada belum cukup untuk memenuhi kebutuhan semua warga. 

Ketua RT 10 Muhamad Wijanarko mengatakan, beberapa kali pihaknya membuat sumur, tetapi tak membuahkan hasil. Sehingga warga yang tidak kebagian terkadang menggunakan air sungai untuk mencuci. “Buat sumur, tapi hasil airnya kotor enggak bisa dipakai,” kata Wijanarko, Kamis (18/3/2021).

Wijanarko melanjutkan, menjelang Ramadan kebutuhan air bersih diprediksi meningkat, apalagi di musola Al-Mutmainnah yang berada di RT 10. Wijanarko memprediksi, warga akan banyak melakukan aktivitas ibadah Ramadan seperti tarawih dan pengajian. Untuk itu ia berharap kepada dermawan untuk menyediakan akses air bersih bagi warganya. 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik DKI Jakarta, untuk memenuhi kebutuhan air bersih yang setiap tahun mengalami peningkatan, perusahaan air bersih di DKI Jakarta menghadapi permasalahan utama yaitu terbatasnya sumber air baku. Sungai-sungai yang ada di Jakarta mengalami tingkat pencemaran yang sangat tinggi sehingga membutuhkan biaya pengolahan yang besar bila dijadikan sumber air baku. []