Harga Gandum Dunia Naik, Roti jadi Makanan Mewah di Yaman

Kenaikan harga gandum dunia membuat harga roti di Yaman turut melonjak tajam. Roti yang merupakan makanan pokok di Yaman, berubah menjadi barang mewah dan terlalu mahal untuk didapatkan para pengungsi.

harga roti naik
Ilustrasi. Imbas harga gandum naik, harga roti di Yaman turut naik. (AFP/Ahmad Al-Basha)

ACTNews, YAMAN – Sepotong roti kini makin sulit dinikmati oleh para pengungsi internal di Yaman. Beberapa waktu terakhir harga roti melonjak cukup tajam. Hal ini merupakan imbas dari kenaikan harga gandum dunia pascapecahnya konflik antara Rusia dengan Ukraina.

Yaman yang hampir seluruh wilayah nya bergantung pada impor makanan, membeli setidaknya 27 persen kebutuhan gandumnya dari Ukraina dan 8 persen dari Rusia. Kenaikan harga gandum ini pun tidak bisa ditoleransi oleh Yaman.

Para pengusaha roti terpaksa menaikkan harga dagangannya berkali-kali lipat agar tidak merugi. Sementara bagi pengungsi, mereka semakin menderita karena satu-satunya pangan yang biasa mereka bisa beli kini terlalu mewah, mahal, serta sulit didapatkan. Kondisi ini berpotensi menciptakan kelaparan massal di Yaman.

Belum lagi Organisasi Pangan Dunia (WFP) pada bulan lalu mengeluarkan kebijakan pengurangan bantuan ke Yaman. 

Sementara itu, Said Mukaffiy dari tim Global Humanity Network dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyampaikan keprihatinan atas kenaikan harga roti di Yaman. Said mengatakan, kenaikan harga pangan di Yaman sudah sering terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

"ACT terus mengajak Sahabat Dermawan untuk meredam kelaparan di Yaman. Bantuan terbaik dapat disampaikan dengan mengunjungi laman Indonesiadermawan.id. Ada banyak program bantuan yang dijalankan ACT untuk Yaman, meliputi program bantuan pangan, air bersih, hingga kesehatan, " kata Said, Kamis (3/3/2022).[][]