Hasmira Andalkan Ikan Segar Sebagai Sumber Pendapatan

Sudah bertahun-tahun Hasmira dan suami menjalani pekerjaan sebagai penjual ikan. Dari usaha ini, mereka bisa membiayai kedua anak yang masih duduk di bangku SD.

bantuan modal usaha
Hasmira sering mengambil ikan sampai luar Kabupaten Mamuju. (ACTNews)

ACTNews, KABUPATEN MAMUJU – Berdagang ikan sudah menjadi sumber penghasilan bagi Hasmira selama bertahun-tahun. Bersama sang suami, ia menjalankan usaha ini berdua. Mereka kini tinggal di Dusun Salusendana, Desa Ahu, Kecamatan Tapalang Barat, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

Sang suami bertugas membeli ikan, tidak jarang dari luar desa bahkan Kota Mamuju. Sementara Hasmira yang kemudian menjual ikan-ikan tersebut. Mereka biasa mengambil ikan seharga Rp1 juta hingga Rp1,5 juta per kotak.

“Ketika dapat untung pun, belum bisa diambil bersih. Soalnya harus bayar uang sewa mobil untuk mengantar ikan. Dari semua modal itu, saya untung bersih sekitar Rp5 ribu sampai Rp10 ribu setiap penjualan satu kilo ikan,” terang Hasmira pada Selasa (25/1/2022) lalu.


Dari usaha ini mereka dapat membiayai kebutuhan dua orang anak yang saat ini masih duduk di bangku sekolah dasar. Pada tahun lalu ketika gempa mengguncang wilayah Mamuju, mereka sempat terkena musibah dan kehilangan anak ketiga mereka, si bungsu.

Untuk mendukung usaha Hasmira saat ini, Global Wakaf-ACT memberikan bantuan berupa modal wakaf melalui program Wakaf UMKM. “Terima kasih Global Wakaf-ACT dengan program Wakaf UMKM. Terima kasih juga kepada Tim Indonesia Dermawan, semoga semua usahanya semakin lancar,” harapnya. []