Hidangan Akikah di Tengah Duka Pascabencana

Saat ini, akikah tak hanya didistribusikan di lingkungan tempat tinggal saja. Bersama Global Qurban Aqiqah, ibadah masyarakat bisa sampai ke tangan mereka yang membutuhkan, baik di dalam maupun luar negeri.

Hidangan Akikah di Tengah Duka Pascabencana' photo
Daging akikah yang diolah untuk sate bagi warga terdampak bencana puting beliung di Pandeglang, Ahad (18/10). Hidangan ini merupakan akikah masyarakat yang tersalurkan melaui Global Qurban Aqiqah. (ACTNews)

ACTNews, PANDEGLANG – Bencana angin puting beliung terjadi pada awal Oktober lalu di Kampung Leuwihoe, Desa Pasirloa, Kecamatan Sindangresmi, Pandeglang. Akibat bencana ini, tercatat 137 rumah warga mengalami kerusakan ringan hingga berat. Tidak ada korban meninggal dunia, namun dikabarkan ada satu orang mengalami luka akibat tertimpa reruntuhan rumah saat angin kencang melanda.

Merespons bencana ini, Global Qurban Aqiqah pada Ahad (18/10) kemarin menghidangkan makanan khas akikah. Daging yang tersembelih merupakan akikah masyarakat yang disalurkan melalui Global Qurban Aqiqah. Sajian siap santap tersebut pun bisa dinikmati oleh 76 keluarga terdampak bencana puting beliung.

“Warga sangat menyambut baik hadirnya hidangan akikah ini,” ungkap Sukma Jayalaksana dari Tim Program Global Qurban - ACT Banten.

Proses pemotongan, pencacahan, masak hingga pengemasan sebelum didistribusikan dilakukan di dapur posko bencana yang ada di rumah ketua lingkungan setempat. Dibantu warga sekitar, Relawan Masyarakat Relawan Indonesi (MRI) yang bertugas di sana segera mengolah daging untuk sajian warga terdampak bencana.

“Terima kasih atas hidangan akikahnya,” ungkap Satana, Ketua RT di Kampung Leuwihoe, Ahad (18/10).

Perlu diketahui, bencana angin puting beliung di Sindangresmi terjadi pada Kamis (1/10) lalu pukul 14.30 WIB. Bencana yang terjadi adlam beberapa menit ini membuat kerusakan di permukiman warga serta lingkungan. Pohon tumbang banyak yang menimpa tempat tinggal warga. Dikutip dari Republika, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Banten Nana Suryana meminta kepada warga untuk tetap waspada dan mengantisipasi bencana banjir, longsor, termasuk puting beliung. Hal ini mengingat karena bulan Oktober hingga beberapa bulan ke depan beberapa wilayah Indonesia masuk musim hujan, termasuk Banten.

ACT dan Global Qurban sendiri melalui berbagai programnya selalu waspada dan siaga dalam penanganan bencana alam, salah satunya menyediakan makanan siap santap. Produk Global Qurban Aqiqah merupakan salah satunya. Masyarakat yang ingin berakikah dan didistribusikan di dalam dan luar negeri pun sangat mudah. Sukma menambahkan, masyarakat hanya perlu mengunjungi laman Indonesia Dermawan, dan akan tersedia pilihan untuk berakikah.

“Global Qurban dan ACT telah menghadirkan kemudahan dalam berakikah,” jelas Sukma.[]