Hidangan Bergizi Halau Lapar Masyarakat Gaza

Sajian Humanity Food Truck dari tangan koki profesional menyapa masyarakat di Kota Gaza dan Gaza Utara. Humanity Food Truck menjadi ikhtiar sahabat dermawan membersamai kehidupan saudara di Gaza.

Hidangan Bergizi Halau Lapar Masyarakat Gaza' photo
Keluarga Om Hussein Abu Karsh, salah satu penerima manfaat foodtruck di Beit Lahia, Gaza menikmati sajian Humanity Food Truck. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Keluarga Om Hussein Abu Karsh adalah satu dari 68,5 persen penduduk Gaza yang mengalami kerentanan pangan. Hari itu ia dan keluarganya amat bersyukur, bersama ketiga anaknya dan suaminya bisa menikmati hidangan bergizi Humanity Food Truck. Selain Om Hussein, lebih dari 900 jiwa juga menikmati nasi briani berlauk ayam itu.

Said Mukaffiy dari tim Global Humanity Response – ACT menjelaskan, Humanity Food Truck menjadi aksi berkala yang hadir membersamai masyarakat Gaza. “Humanity Food Truck ACT kini menuju wilayah Gaza Utara dan Kota Gaza untuk memberikan makanan bergizi yang di masak koki koki profesional,” jelasnya.

Sajian Humanity Food Truck pada Kamis (8/7) lalu diberikan kepada masyarakat prasejahtera dan keluarga yang tidak memiliki penghasilan dan mereka yang bergantung pada bantuan kemanusiaan.

Menurut Data Program Pangan Dunia, kelaparan dan kekurangan pangan melanda 53 persen populasi Gaza. Hal itu berdampak pada kolapsnya sektor produktif, pelayanan dasar sosial, dan infrastruktur. Kondisi sosial ekonomi Gaza turut melemah akibat kumulasi blokade laut, tanah, dan udara. Kini, pembatasan gerak pun terjadi seiring dengan meningkatnya kerawanan karena pandemi Covid-19.

Melansir Al Jazeera, ekonomi Palestina disebut menyusut antara 7,6 dan 11 persen. Penurunan itu menjadi terparah setelah pertumbuhan satu persen pada 2019.

“Ayo bersama kita dukung kehidupan masyarakat Gaza. Banyak program yang insyaallah terus membersamai mereka. Selain Humanity Food Truck, ada juga Sumur Wakaf, paket pangan, dan layanan kesehatan,” ajak Said.[]


Bagikan