Hidangan Humanity Food Truck, Mengukir Syukur Nurmah Menjelang Berbuka Puasa

“Alhamdulillah. Biasa (berbuka puasa) pakai lontong doang, dikasih (pemberian orang) itu juga. Kalau keponakan kasih tambahan (uang), bisa saya beliin bakwan di (warung) pinggir jalan," ujar Nurmah.

Nurmah, warga Rawa Bunga, Jatinegara, penerima sajian iftar Humanity Food Truck, Kamis (27/4/2021).
Nurmah, warga Rawa Bunga, Jatinegara, penerima sajian iftar Humanity Food Truck, Kamis (27/4/2021). (ACTNews/Rizki Febianto)

ACTNews, JAKARTA TIMUR – Langkah Nurmah tertatih-tatih, ia hendak pergi membeli bakwan untuk kudapan berbuka puasa di warung gorengan pinggir jalan di Jatinegara Timur, Kelurahan Rawa Bunga. Usia Nurmah sudah 72 tahun. Nenek kelahiran Bandung itu adalah salah satu penerima manfaat Humanity Food Truck Aksi Cepat Tanggap, yang Kamis (27/4/2021) itu bertugas mendistribusikan makanan di Kelurahan Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur.

“Alhamdulillah. Biasa (berbuka puasa) pakai lontong doang, dikasih (pemberian orang) itu juga. Kalau keponakan kasih tambahan (uang), bisa saya beliin bakwan di (warung) pinggir jalan," ujar Nurmah.

Sore itu Nurmah mengurungkan niatnya membeli bakwan dan segera pulang sambil membawa hidangan dari Humanity Food Truck. Rasa senang memenuhi dirinya, karena akhirnya bisa berbuka dengan makanan lain selain lontong.

Nurmah mengaku, sudah cukup lama bagi Nurmah, terakhir ia menyantap hidangan selezat pemberian Humanity Food Truck ini. "Terakhir mah kalau tetangga lagi ada hajatan saja, baru bisa makan ayam. Selain itu kalau sehari-hari ya makan apa saja yang dikasih keponakan atau tetangga. Keponakan sama orang sini juga sama-sama hidupnya susah, jadi ya sama-sama jarang makan enak," kata Nurmah.

Nurmah sudah tidak bekerja. Ia juga tidak memiliki anak, sehingga untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, ia mengandalkan pemberian keponakan ataupun tetangga. Nasib baik, rumah tempat tinggalnya tersebut merupakan rumah peninggalan orang tua sehingga ia tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa bulanan.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih, alhamdulillah,” lanjutnya. Ia pun berharap agar aksi pembagian hidangan iftar dari Humanity Food Truck ini bisa terus dilakukan agar masyarakat prasejahtera bisa merasakan hidangan lezat dan bergizi untuk berbuka puasa di bulan Ramadan.[]